Rabu, 19 Sep 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Sambut Ramadan dengan Mencintai Alquran

Senin, 14 May 2018 16:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

LDII JEMBER,

CINTA ALQURAN: Salah satu peserta tahfiz saat tampil di depan ribuan peserta acara Halaqoh Tahfidzul Qur’an yang diadakan DPD LDII Jember di Ponpes Minhajurrosyidin Ambulu (LDII FOR RADAR JEMBER)

Menjelang Ramadan 1439 H, DPD LDII Kabupaten Jember mengajak seluruh warganya untuk senantiasa mencintai Alquran. Sebagai wujud mencintai Alquran, ribuan pelajar mulai usia PAUD, SD, SMP, dan SMA mengikuti acara Halaqoh Kubro Tahfidzul Qur’an yang diadakan di Masjid Baitul Faizin Kompleks Pondok Pesantren Minhajurrosyidin Ambulu (10/5). 

Acara yang bertajuk mencetak generasi penerus bangsa yang mencintai Alquran ini diadakan setahun dua kali. Khusus kali ini, dilaksanakan menjelang Ramadan. Demikian inti sambutan Sekretaris DPD LDII Kabupaten Jember Akhmad Malik Afandi. Malik menambahkan bahwa menyambut Ramadan tahun ini, LDII mencanangkan program Lima Sukses Ramadan. Lima sukses itu adalah sukses puasa, sukses membaca Alquran, sukses salat tarawih, sukses membayar zakat, dan sukses lailatulkadar. 

Acara halaqoh ini dalam rangka mengajak generasi penerus bangsa untuk menjadikan hobi membaca Alquran dan menghafalnya. Karena dengan membiasakan mencintai Alquran, maka akan menjadi pencegah kemaksiatan dan menjauhkan diri perbuatan tercela. “Ditambah lagi pahala membaca Alquran yang diberikan Allah dengan membalas satu huruf dengan sepuluh kebaikan, maka ini menjadi sesuatu yang luar biasa besar nilai pahalanya,” ujarnya. 

Malik menuturkan, untuk mendukung program tersebut, pondok pesantren Minhajurrosyidin yang berlokasi di Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu itu bekerja sama dengan LDII menggelar secara rutin kegiatan Halaqoh Tahfidzul Qur’an setahun dua kali. Sebelumnya, memang jumlah kuota yang diundang hanya lima ratus peserta saja, namun di luar perkiraan yang menghadiri hingga ribuan peserta. 

Ini memang menunjukkan bahwa, di setiap PC LDII kecamatan aktif mempraktikkan halaqoh Alquran. Latar belakang diadakan halaqoh tahfiz Alquran tersebut adalah untuk mewujudkan program Tri Sukses generasi penerus LDII, agar benar-benar menjadi putra putri penerus yang alim, faqih, dan ber-akhalkul Karimah, serta memiliki sikap kemandirian.

“Alim adalah orang yang menguasai ilmu dan terlihat dari dia berlisan. Faqih adalah orang yang benar-benar memahami ilmu itu sampai mendalam atau dalam istilah jawanya sampek mbalung sumsum, benar-benar melekat dalam dirinya. Ber-akhlakul karimah yaitu bercermin seperti dalam Alquran, karena cerminan sikap, perilaku, dan cara berpikir baik orang iman itu bersumber pada Alquran,” tuturnya.

Senada dengan Malik, Dewan Guru Tahfidz Ustaz Wiyono juga mengatakan, acara halaqoh bukan sekadar menghafal lafaz-lafaz Alquran, tetapi benar-benar memahami isinya dan bisa memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa akhlakul kharimah adalah jati diri orang iman. Ustaz Wiyono memberikan tips agar mudah membaca dan menghafal Alquran. Pertama adalah ikhlas (mukhlislillah) murni karena Allah SWT. Jadi, segala sesuatu untuk memulai membaca dan menghafal Alquran harus fokus karena Allah SWT. “Selaras ketika kita minta sesuatu itu pun juga harus karena Allah SWT, jangan dengan manusia,” katanya.

Kedua, seorang tahfiz harus melakukan pengulangan bacaannya, istilahnya adalah me-murojaah . Ketika ingin menjadi seorang tahfiz Alquran, jangan malas untuk me-muroja’ah (pengulangan bacaan secara rutin). Pada dasarnya, kunci untuk bisa hafal (hafiz) Alquran adalah muroja’ah. 

Faktor lainnya adalah semangat seseorang dan selalu menjaga niat karena Allah SWT. Selanjutnya, untuk lebih menghidupkan kegiatan menghafal Alquran, ia menyarankan PC dan PAC LDII menggelar lomba menghafalkan Alquran. Agar anak-anak bersemangat dan memberi contoh kepada para penerus yang lain. “Dalam perlombaan itu, mereka bisa berbagai pengalaman masing-masing,” jelas Ustaz Wiyono yang juga sebagai dewan pengawas syariah koperasi bersertifikat nasional itu. 

(jr/aro/ad/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia