Rabu, 19 Sep 2018
radarjember
icon featured
Kesehatan

Donor Darah Makin Intensif Jelang Ramadan

Minggu, 13 May 2018 13:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

Donor Darah, Jelang Ramadan, PMI,

ANTUSIAS: Karyawan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Antusias mengikuti donor darah. Bahkan, Kepala Dinas PUPR Karna Suswandi bersama Ketua PMI Bondowoso Miftahul Huda memantau langsung kegiatan donor darah. (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Ketua PMI Kabupaten Bondowoso Miftahul Huda SH MH menjelaskan kegiatan donor darah di kota tape terus meningkat tajam. “Pada awal saya memimpin PMI Bondowoso, rata-rata satu bulan yang donor 400-an orang. Sekarang rata-rata sudah 800 sampai 850 pendonor’ kata Mifahul Huda usai kegiatan donor darah di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bondowoso Kamis siang kemarin. 

Dia menjelaskan, kegiatan donor darah terus digencarkan untuk memenuhi kebutuhan darah di Bondowoso. “Kesadaran masyarakat terus meningkat karena petugas di lapangan saat donor darah sekaligus sosialisasi,” imbuhnya.

UTD PMI Kabupaten Bondowoso sedang mempersiapkan diri menjelang Ramadan. “PMI sudah siap-siap menghadapi Ramadan. Salah satunya menggenjot kegiatan donor darah sebelum Ramadan seperti yang dilakukan di dinas PUPR,” imbuhnya. Sebab, saat Ramadan, banyak pendonor yang enggan donor darah karena sedang menjalankan ibadah puasa. 

Umat muslim baru bisa donor darah setelah berbuka puasa. “Makanya saat Ramadan kegiatan donor darah dilakukan pada malam hari. Program donor darah malam hari sudah terprogram dengan baik selama ini,” imbuhnya.  

Biasanya pada saat Ramadan dan Idul Fitri stok darah berkurang. “Makanya UTD PMI kami terus berusaha menambah stok darah. Selain itu, UTD PMI juga menghubungi pendonor darah yang siap untuk di-call jika dibutuhkan. Semoga saja tidak ada kejadian luar biasa yang membutuhkan banyak darah,” ujarnya. Dia yakin, stok darah selama Ramadan dan Idul Fitri mendatang akan aman.

Sejak April lalu, UTD PMI Kabupaten Bondowoso kian intensif turun ke bawah untuk mengadakan kegiatan donor darah. UTD PMI Kabupaten Bondowoso telah memiliki jadwal kegiatan donor darah. Sebab, UTD PMI memang menambah stok darah di tempat penyimpanan untuk mengantisipasi penurunan donor darah selama Ramadan. 

(jr/hud/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia