Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Sportainment

Janjikan Gelaran Internasional di Jember

Jumat, 13 Jul 2018 08:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Kejurkab, bulu tangkis, bupati cup,

SINERGI OLAHRAGA: Wabup Jember Muqit Arief (empat dari kanan) saat menghadiri pembukaan Kejurkab Bulu Tangkis Bupati Cup 2018 di GOR Argopuro. (Humas Pemkab Jember for Radar Jember)

Geliat olahraga bulu tangkis di Jember mendapat perhatian tersendiri dari Pengprov Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Timur. Bahkan PBSI mewacanakan digelarnya gelaran bulu tangkis level internasional di Jember. 

“Jember ini memenuhi beberapa syarat seperti ada bandara sendiri dan sarana olahraga. Event Kejurkab juga rutin di gelar di Jember setiap tahun,” tutur Ketua Pengprov PBSI Jatim, Oei Wijanarko Adi Mulya kepada Jawa Pos Radar Jember di sela-sela membuka Kejuarkab Badminton Bupati Cup 2018 di GOR Argopuro Jember. Turut hadir pula Wakil Bupati Jember Muqit Arief yang mewakili bupati. 

Wijanarko optimistis, gelaran olahraga bertitel internasional bisa membawa dampak domino atau multiplier effect yang tidak hanya memacu prestasi olahraga, namun juga menggairahkan sector ekonomi. “Bulu tangkis sekarang sudah beda dengan zaman saya dulu masih jadi atlet junior. Sekarang ini bisa menjadi industri olahraga yang bisa menjadi sandaran masa depan, kalau dikelola secara profesional,” tutur pebulu tangkis veteran yang meraih medali perak di Olimpiade Veteran Internasional 2017 di Auckland, Selandia Baru. 

Sedangkan Ketua Pengkab PBSI Jember Ervan Friambodo menanggapi antusias peluang dari Pengprov tersebut. Namun, di sisi lain, Ervan mengakui kondisi GOR Argopuro yang selama ini menjadi pusat olahraga bulu tangkis di Jember, masih belum layak. “Kemarin dalam acara di KONI, Pak Dedi (Dedi M Rahmayadi, Kepala Dispora Jember, Red) mewacanakan untuk memindahkan dan membangun sentral olahraga di kawasan Jember Sport Garden (JSG) Ajung. Kami apresiasi wacana dari Dispora Jember tersebut,” tutur Ervan. 

Kawasan olahraga di JSG Ajung saat ini baru berdiri sebuah stadion utama yang selama ini menjadi lapangan sepak bola. Di sisi stadion, juga terdapat Kantor Dispora Jember. Dalam paparan Dispora kepada pengurus cabor di Jember, lanjut Ervan, direncanakan akan dibangun sarana olahraga untuk beberapa cabor lain di sekitar areal lapangan sepak bola JSG. “Selama ini kan masih kosong areal sekitarnya. Kami harap bisa direalisasikan segera,” jelas Ervan. 

Sementara itu, dalam Kejurkab Bupati Cup 2018, PBSI Jember memberi kelonggaran terkait syarat harus melakukan pendaftaran secara daring (online) melalui sistem SI PBSI Id tersebut. “Kami berikan toleransi untuk SI PBSI id, dari lima syarat utama untuk memenuhi ketentuan approval, karena mepet. Namun prinsipnya, PBSI Jember kooperatif membantu klub-klub yang belum siap SI,” pungkas Ervan.

(jr/ad/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia