Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Kesehatan

TNI Kerahkan Ratusan Anggota Donor Darah Sukarela

Jumat, 13 Jul 2018 10:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Donor Darah, TNI, PMI, RS Bina Sehat,

SOSIAL: Relawan saat diambil darahnya dalam donor darah yang diselenggarakan Brigif 9/2 bertempat di RS Bina Sehat. (PMI FOR RADAR JEMBER)

Kegiatan donor darah yang digelar Brigif 9/2 TNI Jember dan dipusatkan di Rumah Sakit Bina Sehat (RS) berlangsung sukses. Ratusan relawan ikut kegiatan donor darah tersebut. Brigif 9/2 mengerahkan anggotanya dari Batalyon Raider 509, Batalyon 514, dan Batalyon Raider 515 Bondowoso. Ada juga anggota Kodim 0824 Jember. Tak ketinggalan para istri anggota TNI juga ikut sedekah darah. 

Kapten Inf Supadiyana, Pasiter Brigif 9/2 Kostrad TNI mengaku telah mengerahkan ratusan anggotanya. Kebetulan, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Dr Marga Taufiq SH MH berkunjung ke RSBS. Mayjen Dr Marga Taufiq SH MH didampingi Bupati Jember dr Faida MMR melihat langsung anggota TNI yang ikut kegiatan donor darah. “Brigif 9 memang mengerahkan ratusan anggota untuk ikut bakti sosial berupa sedekah darah,” kata Kapten Inf Supadiyana. 

Kegiatan donor darah sukarela itu berhasil mengumpulkan ratusan kantong darah dari para relawan pendonor. Terutama relawan pendonor dari TNI. “Alhamdulillah, dapat ratusan kantong meski belum memenuhi target 500 kantong, tetapi hasilnya sudah luar biasa karena persiapan mepet,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Zaenal Marzuki mengapresiasi jajaran komandan TNI yang mengerahkan anggotanya untuk kegiatan donor darah. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada TNI dan para istri anggota TNI yang bersedia aktif dalam kegiatan donor darah rutin. Juga kepada Ibu Bupati dr Faida MMR yang memberikan motivasi juga kepada pihak RSBS yang menjadi tempat donor, juga para relawan pendonor yang ikut donor darah,” imbuhnya. 

Hasil dari kegiatan donor darah sukarela yang digelar Brigif 9/2 Kostrad bisa menambah stok darah di UTD PMI yang sempat menipis pasca Lebaran 1439 H. “Setetes darah bisa menyelamatkan nyawa sesama,” tertangnya. 

Saat berkunjung ke tempat donor darah, Bupati Faida yang mendampingi Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Dr Marga Taufiq SH MH sempat bertanya kepada salah seorang relawan pendonor yang bukan anggota TNI. “Mbak dapat info dari mana ada kegiatan donor darah di RS Bina Sehat?” tanya Bupati Faida kepada mahasiswa relawan pendonor dari Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember. 

Mendapat pertanyaan itu, Siska mengaku mendapatkan informasi dari Facebook PMI Kabupaten Jember. “Saya dapat info dari Facebook-nya PMI,” jawabnya. Ternyata, Siska tidak sendirian. Dia bersama ibunya yang juga ikut kegiatan donor darah.

(jr/aro/rul/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia