Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Puluhan Perguruan Silat Atraksi

Jumat, 13 Jul 2018 09:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Pencak Silat, Festival,

DIPUKUL PAKAI GENTING: Salah satu penampil dari perguruan pencak silat memukulkan genting di bagian kepalanya dalam acara Festival Pecak Silat di Alun-alun Puger (Jumai/Radar Jember)

Puluhan perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Jember tampil di depan ratusan penonton di Alun-alun Puger, Selasa (10/7) malam. Masing-masing perguruan menampilkan atraksi yang membuat warga terhibur.

Kegiatan ini dalam rangka Festival Pencak Silat Antar Perguruan. Festival ini sekaligus halalbihalal dan silaturahmi seluruh pendekar dan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Hadir dari masing-masing ketua perguruan dan Ketua IPSI Kabupaten Jember Rasid Zakaria. Festival ini mengambil tema “Lestarikan Pencak Silat Warisan Leluhur Budaya Bangsa”.

Rasid Zakaria, Ketua IPSI Kabupaten jember mengatakan, pencak silat adalah warisan leluhur bangsa yang harus tetap dilestarikan dan harus dikembangkan. Untuk itu, kepada pemimpin perguruan yang ada di kecamatanm, diharapkan terus bergandengan tangan mengadakan acara pencak silat. Agar pencak silat tetap berkembang dan harus tetap dilestarikan bersama-sama. 

Pihaknya selaku ketua IPSI Jember meminta kepada masing-masing perguruan untuk saling berkoordinasi. Sehingga, dapat mempererat tali silaturahmi antarsesama perguruan silat yang ada di Jember.

Muhyadi mewakili Camat Puger dalam sambutannya mengatakan, dengan berkumpulnya antar perguruan silat ini sudah muncul persatuan dari berbagai perguruan silat. Dengan saling kenal antara insan silat ini, bisa memperkecil perselisihan yang selama ini masih terjadi. “Memang kalau tidak kenal, maka tidak sayang, dengan festival pencak silat ini bisa saling ketemu,” ujarnya. 

(jr/jum/ras/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia