Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember Events

Ratusan Talent Siap Meriahkan APS

Kamis, 12 Jul 2018 06:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Ambulu Pandhalungan Spektakuler, APS,

LATIHAN KERAS: Inilah para talent Sanggar Kartika Budaya Ambulu yang akan tampil dalam puncak acara Ambulu Pandhalungan Spektakuler pada Sabtu, 21 Juli mendatang. (Enys Kartika for Radar Jember)

Ambulu Pandhalungan Spektakuler (APS) diprediksi akan menjadi gelaran seni budaya terbesar di Jember tahun ini. Bahkan, sudah ada ratusan talent seni budaya yang siap tampil memeriahkan acara yang digagas oleh Jawa Pos Radar Jember ini. 

Tentu akan semakin membuat acara yang digelar 21 Juli 2018 mendatang semakin mewah. “Kalau untuk talent, total ada sekitar 400,” ucap Enys Kartika, pemilik Sanggar Kartika Budaya Ambulu yang juga koordinator talent dalam APS ini. 

Talent ini bukan hanya tampil di malam hari, namun juga tampil memeriahkan acara di panggung puncak sejak siang hari. “Jadi, karena banyaknya talent yang siap tampil, makanya kami bagi menjadi dua,” jelasnya. 

Untuk siang hari, nantinya akan diisi dengan Reog Singo Muncul Pontang dan Jaranan Pontang. Diprediksi ada sekitar 100 talent yang akan tampil pada siang hari.

Sementara talent sisanya, jelas Enys, akan tampil malam hari. Akan diisi oleh Patrol dari Andongsari, kesenian Reog dari SMPN 1 Ambulu. “Serta ada penampilan spesial dari Sanggar Kartika Budaya, Ambulu,” jelasnya. Sehingga, nantinya para pengunjung benar-benar dipuaskan dengan berbagai seni yang ditampilkan.

Menariknya, dalam gelaran ini diakuinya bukan hanya monopoli pelaku seni saja. Namun, juga akan dimeriahkan oleh para Sahabat Difabel dan pelawak Jember yang akan tampil untuk memeriahkan acara. Dengan demikian, diharapkan acara APS ini benar-benar bisa menggebrak pertunjukan seni yang pernah ada di Jember.

Tentu saja, kegiatan ini akan semakin meriah karena sebelumnya belasan usaha mikro, kecil dan menengah di Ambulu juga akan siap untuk memeriahkan suasana. Pihaknya mengaku bahwa para pelaku UMKM sangat antusias untuk bisa memberikan dukungan penuh memeriahkan kegiatan tersebut. Mereka bukan hanya ingin berpartisipasi dalam bazar saja, namun juga siap untuk membantu menyukseskan acara tersebut. 

“Mereka sudah komitmen. Karena ini salah satu ajang bagi para UMKM di Ambulu untuk bisa berkembang,” jelas Sutarman, Camat Ambulu. “Ada batik, kerajinan, serta berbagai macam kuliner yang cukup dikenal di Ambulu,” jelasnya. 

Bukan tidak mungkin, ke depan pelaku UMKM ini akan semakin banyak yang berkomitmen untuk mengikuti kegiatan yang memadukan antara kegiatan seni dan bazar modern sekaligus.

Sementara itu, Yerri Aji, ketua panitia kegiatan Ambulu Pandhalungan Spektakuler menuturkan bahwa festival yang malam puncaknya diadakan pada 21 Juli 2018 ini, diyakini akan berbeda dengan kegiatan festival lainnya. “Kami akan membuat konsep acara seni yang berkualitas,” ucap Yerri.

Dalam kegiatan itu, suguhan utamanya yakni Festival Pandhalungan yang akan diikuti oleh ratusan talent dari berbagai sanggar. “Ada kesenian tradisional seperti tari, drama kolosal. Juga ada kesenian Reog yang mau tampil,” jelasnya. Selain itu, dalam kegiatan itu juga ada expo dan pameran produk dari UMKM dan sejumlah pengusaha di Jember.

Menariknya, juga akan ada kegiatan festival tumpeng yang diikuti oleh puluhan peserta serta, ada kegiatan senam lansia untuk menghebohkan suasana. Oleh karena itu, akan sangat rugi bagi masyarakat yang melewatkan kegiatan ini. 

(jr/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia