Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

Kawah Ijen Masih Jadi Favorit

Jumat, 22 Jun 2018 13:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

Kawah Ijen,

PESONA IJEN: Inilah blue fire yang menjadi pesona Kawah Ijen. Selama libur lebaran, tercatat ada tujuh ribu lebih wisatawan yang ke Kawah Ijen melewati Bondowoso. (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Kawah Ijen masih menjadi favorit jujugan wisatawan. Tercatat selama libur lebaran, yakni 10-20 Juni, ada sebanyak 7.816 pengunjung. Seperti tahun sebelumnya, Kawah Ijen masih menjadi favorit kunjungan.

Data dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bondowoso, ada 4.987 wisatawan nusantara dan 2.829 wisatawan asing yang menuju Ijen lewat Bondowoso. Pemerintah Kabupaten Bondowoso pun terus mengedukasi masyarakat agar bisa menangkap potensi yang ada. “Kami sebelum libur lebaran, sudah berkoordinasi dengan kelompok sadar wisata maupun Himpunan Pramuwisata di Bondowoso,” terang Harry Patriantono, Kepala Disparpora Bondowoso.

Dijelaskan, terbesar peminat kunjungan memang di Kawah Ijen. Namun objek wisata lainnya juga banyak menjadi pilihan masyarakat. Misalnya di desa wisata. Ada tiga desa wisata yang sering dikunjungi di Bondowoso. Yakni Desa Wisata Rawa Almour di Desa Alas Sumur, Pujer; Desa Wisata Lombok Kulon di Wonosari; dan Desa Wisata Taman Rengganis, di Glingseran, Wringin. Ketiga desa wisata itu juga tak sepi pengunjung.

Selain itu, yang juga rame adalah Pemandangan Arak-arak di Wringin. Tercatat ada 1.915 pengunjung selama lebaran. Tempat ini saat ini menjadi layak dikunjungi setelah mendapat berbagai polesan dari Disparpora. “Tempat ini dikelola pemerintah, dan yang tadinya tidak terawat, sekarang sudah ada rumah pohon musalla dan gazebo, sehingga asyik dikunjungi,” ujarnya.

Selain itu masih ada Batu Susun Solor, Puncak 28 Patirana, Bukit Mahadewa, Puncak Megasari, Air Terjun Tancak Kembar dan berbagai titik lain yang bisa dikunjungi.

(jr/hud/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia