Kamis, 19 Jul 2018
radarjember
icon featured
Sportainment

Puasa, Semeru FC Tetap Latihan

Rabu, 06 Jun 2018 08:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

semeru fc, latihan, puasa,

JAGA KONDISI: Pemain Semeru FC tetap berlatih selama Ramadan agar kondisi fisik dan kebugaran pemain tetap terjaga. (HAFID ASNAN FOR RAME)

Datangnya bulan suci Ramadan yang sudah separuh perjalanan ini tidak menjadi penghalang bagi skuad Semeru FC untuk melakukan latihan. Memang porsinya dikurangi. Namun, sejak awal puasa, latihan rutin sore hari tetap dilakukan. Agar kondisi fisik tetap bugar. 

Pasukan Semeru FC di bulan Ramadan ini memang libur penuh. Tidak ada kompetisi yang diikuti. Liga 2 Libur. Sementara perhelatan Piala Indonesia masih belum digeber. Situasi seperti ini menjadi tantangan dalam manajemen Semeru FC untuk menjaga kondisi dan kebugaran pemain.

Putut Widjanarko tidak kekurangan akal dalam mengelola fisik anak asuhnya. Dia menegaskan, sejak awal puasa, anak asuhnya tetap latihan. “Sejak awal puasaan tidak ada liburnya. Tetap latihan. Kemarin juga masih latihan. Sampai 9 Juni nanti latihan terus,” katanya.

Pelatih yang jebolan pemain Persebaya Surabaya ini juga terus melakukan evaluasi pada anak didiknya. Saat ini, sudah mulai fokus pada pembenahan tim. Terutama lini belakang. Sebab, sektor belakang sering kebobolan lewat bola-bola mati. Kelemahan di saat bola mati itulah yang sudah menemukan pola penanganannya. “Keseringan anak-anak kebobolan lewat bola-bola mati. Memang karena lengah, tetapi jika tidak diantisipasi akan semakin parah. Nah, sekarang ini sudah menemukan polanya,” katanya.

Memang perlu bijak dalam memperlakukan pemain di saat puasa. Putut menginstruksikan, pada latihan sore hari tetap memberikan toleransi. “Kita mengutamakan skill, teknik bola, dan penjagaan kondisi,” ungkapnya. Sehingga, intensitas latihan fisik pemain tidak seperti hari biasanya.

Selain menjaga stamina dan kebugaran, Putut juga menjelaskan bahwa anak asuhnya mulai dibuka pemahaman terkait musim kompetisi setelah puasa. Tidak bisa tutup mata bahwa sejak 24 Juni akan ada Piala Indonesia. Piala Indonesia yang digeber di sela-sela kompetisi itu akan dioptimalkan juga. Semeru FC dijadwalkan akan menantang PS Badung, Bali. “Kita sudah berikan pemahaman pada pemain supaya bersiap juga di Piala Indonesia,” pungkasnya.

(jr/fid/aro/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia