Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember Events

Manisnya Momen Ramadan yang Penuh Kreasi

Minggu, 03 Jun 2018 19:00 | editor : Dzikri Abdi Setia

Festival Takjil dan Kolak, Roxy Jember, Carnation,

Datangnya bulan Ramadan sangat identik dengan sajian takjil yang merupakan makanan pembuka saat berbuka puasa. Ikon inilah yang ingin diangkat oleh tim event Jawa Pos Radar Jember, didukung sepenuhnya oleh Nestle Carnation, kemarin (2/6).

Acara ini dibuka dengan demo memasak bersama Chef Richard dari Carnation, yang menyajikan beragam pilihan menu takjil untuk berbuka puasa olahan Carnation. Tak hanya peserta, pengunjung Roxy Square Jember pun tampak antusias melihat kreasi chef dalam menyiapkan menu Pisang Panggang Karamel Carnation dan Es Buah Saus Carnation yang sederhana namun tetap lezat.

Carnation dipilih sebagai bahan dasar olahan takjil, sebab memiliki rasa khas yaitu legit manis. Rasa ini didapatkan dari susu bagus dan karamel yang berkualitas. “Yang membedakan adalah kualitas pemanisnya yang menggunakan gula asli, sehingga baik untuk kesehatan,” ujar Chef Richard di sela-sela demonya.

Tak kurang dari 50 peserta menyajikan kreasi takjil dan kolak, baik kreasi bahan dasar maupun hiasan atau garnish. Penggunaan garnish ini menjadi aspek penting dalam kreasi takjil. “Garnish harus terbuat dari bahan yang bisa dimakan dan mengandung gizi yang seimbang,” lanjut Chef Richard.

Peserta dan masyarakat pun diberi kesempatan untuk tanya jawab dalam gelar wicara (talk show) kesehatan yang dipandu oleh Citra Dewi Larasati, ahli gizi dari RS Jember Klinik. Tak hanya itu, dr Abdul Rochim pun ikut memeriahkan suasana dengan hadir dalam gelaran tersebut 

dr Abdul Rochim mengungkapkan, demi menjaga kesehatan, seyogianya masyarakat harus bisa menjaga asupan gizi yang masuk dalam tubuh. Apalagi bagi masyarakat lanjut usia. “Dan dalam mengonsumsi susu, harus yang mengandung lemak rendah sesuai dengan kebutuhan gizi secara umum,” imbuhnya. 

Dari seluruh peserta yang sudah terdaftar, diambil tiga pemenang dengan nilai tertinggi pada tiga unsur penilaian. Yaitu cita rasa, keunikan bahan dan penyajian, serta pengemasan yang menarik. Selain itu, peserta juga harus menggunakan bahan tradisional, bukan bahan impor.

Salah satu dewan juri Pesta Lezat Kreasi Takjil dan Kolak ala Carnation, Ny Hj Abdul Muqit Arief menyambut positif kegiatan yang berlangsung di Roxy Square Jember, kemarin (2/6). Sebagai penikmat kuliner, dirinya ingin masyarakat turut mempertahankan tradisi kreasi takjil di bulan Ramadan. “Dengan adanya kegiatan ini, jadi momen berkreasi dan menciptakan inovasi dalam memperkaya cita rasa kuliner, khususnya kolak dan takjil,” pungkasnya. 

(jr/lin/hdi/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia