Minggu, 22 Jul 2018
radarjember
icon featured
Sportainment

Cabor Rapatkan Barisan, Persiapan Porprov dan Suksesi Ketua KONI

Senin, 16 Apr 2018 21:50 | editor : Dzikri Abdi Setia

Forum Cabor, JELANG PORPROV 2019,

Forum Cabor for Radar Jember (JELANG PORPROV 2019: Suasana pertemuan forum cabor yang digelar kemarin malam.)

Musyawarah beberapa organisasi cabang olahraga (cabor) berharap Pemkab Jember bisa segera memasukkan persiapan keikutsertaan Jember dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI tahun 2019. Selain itu, mereka meminta ada kejelasan mengenai pihak yang menaungi para cabor dalam mempersiapkan keikutsertaan atlet Jember dalam event tersebut. 

“Jadi kami berharap ada kejelasan dan kepastian, siapa yang menaungi cabor. Apakah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora/Pemkab) atau masih KONI. Kalau di kabupaten/kota lain, event seperti Porprov ini yang membawahi KONI. Tetapi, kalau event seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di bawah Dispora atau Pemkab,” tutur Ketua Forum Cabor, Abdul Haris Avianto. Aspirasi tersebut mengemuka dalam pertemuan beberapa pengurus cabor di Jember yang diadakan kemarin malam. 

Selain itu, menurut pria yang akrab disapa Alvin ini, para cabor berharap agar Pemkab bisa merencanakan persiapan para atlet Jember tersebut sejak sekarang. “Karena persiapannya tidak bisa mendadak. Sebab, Porprov ini event paling bergengsi, yang prestisenya lebih tinggi dari kejuaraan lainnya,” tutur Ketua Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) ini. 

Selain pemusatan latihan yang harus digelar secara terprogram dan terencana, aspek persiapan lain adalah kesiapan sarana prasarana. Oleh karena itu, Alvin juga berharap, pencairan dana pembinaan untuk cabor bisa dimajukan dari sebelum akhir tahun. 

“Kalau di kabupaten/kota lain, pencairan bisa pertengahan tahun, sehingga kita lebih mudah merancang. Kami harap bupati Jember bisa mengikuti daerah lain juga,” harap Alvin. 

Lebih lanjut, Alvin berharap KONI bisa lebih meningkatkan komunikasi dengan Pemkab Jember terkait persiapan jelang Porprov 2019. Terlebih, pada September 2018 mendatang, masa kepengurusan KONI Jember sudah habis.  

Sementara itu, Ketua Pengkab Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Jember yang menjadi tuan rumah pertemuan, Soetriono menyatakan, usulan tentang persiapan Porprov 2019 sudah disampaikan dalam Musrenbang beberapa hari yang lalu. “Tidak semua cabor diundang. Saya kebetulan datang dan sudah saya sampaikan. Cuma, ketika itu bupati sudah keluar ruangan,” tutur Soetriono. 

Oleh karena itu, Soetriono berharap perencanaan dan persiapan menyambut Porprov 2019 bisa terprogram ke dalam APBD 2019 yang saat itu sudah memasuki tahapan musrenbang. “Bukan soal nominal, tetapi kalau sudah dimasukkan ke dalam program di R-APBD 2019, bisa lebih mudah nantinya penjabarannya,” jelas pria yang juga guru besar di Fakultas Pertanian Universitas Jember ini. 

Perencanaan program untuk mengikuti Porprov 2019 tersebut, menurut Soetriono menjadi penting agar Jember bisa mencapai target peningkatan prestasi dalam event tahun depan. “Karena daerah lain persiapannya sudah lari. Kita masih jalan di tempat,” jelas Soetriono. 

Sejauh ini, belum ada jadwal pasti penyelenggaraan Porprov 2019. Sebelumnya, dalam rapat KONI Jawa Timur pada 10 April 2018, diputuskan ada penambahan 7 cabor yang dipertandingkan dalam Porprov 2019. 

Ketujuh cabor tersebut yakni anggar, hoki, tarung drajat, paralayang, menembak, muaythai, dan petanque. Dengan demikian, total terdapat 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di 4 kabupaten/kota yakni Bojonegoro, Gresik, Lamongan, dan Tuban. 

(jr/ad/hdi/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia