Senin, 23 Jul 2018
radarjember
icon featured
Rame-rame
Komunitas Arek Kencong

Gambaran Indonesia Mini

Senin, 19 Mar 2018 10:40 | editor : Dzikri Abdi Setia

Komunitas Arek Kencong,

SOSIAL TINGGI: Meskipun berawal dari media sosial, namun Komunitas Arek Kencong ini memiliki kepedulian tinggi untuk membantu sesama. (KAK for Radar Jember)

Bukan bermaksud untuk membentuk sebuah negara di dalam negara. Meski hanya dalam gambaran saja. Kondisi Indonesia benar adanya di Komunitas Arek Kencong ini. Pasalnya, hal ini terlihat dari banyaknya anggota mereka yang memiliki latar belakang cukup beragam dan berbeda-beda.

Baik dari suku, agama, dan bahasa. Kendati demikian, antaranggota komunitas ini tetap menjunjung tinggi yang namanya persatuan dan kesatuan. Apalagi, jika bicara mengenai aksi sosial. Sudah barang tentu, mereka akan menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan.

Mengapa harus Indonesia mini? Anton Budiono, pendiri komunitas ini menjelaskan, Indonesia identik dengan banyaknya suku dan budaya. Namun, dalam perbedaan itu mereka tetap menjadi Indonesia. Hal itu yang sebenarnya diaplikasikan oleh dirinya dalam komunitas ini. 

Komunitas Arek Kencong,

LADANG KREATIFITAS: KAK pun ingin memajukan wilayahnya dengan sentuhan kegiatan yang mereka lakukan (KAK for Radar Jember)

Sehingga, meski berbagai latar belakang ikut di dalamnya, namun jika sudah bicara masalah komunitas, bicara masalah sosial akan dipikul bersama. “Maka dari itu, kami menjuluki Indonesia Mini,” katanya. Saat ini, sudah banyak anggota yang tergabung. Semua bisa dikatakan asli Kencong. Lebih banyak memang dari unsur pemuda. 

Hal itu dinilainya positif, karena kreativitas anak muda inilah yang memang ingin dipupuk di komunitas tersebut. Selain itu, komunitas ini berdiri juga untuk mengajak pemuda asli Kencong bersama-sama membangun daerahnya. “Selain untuk sosial, wadah ini kami gunakan untuk menyalurkan kreativitas guna kemajuan Kencong. Terlebih, soal informasi terkini tentang Kencong itu sendiri,” tutupnya.

(jr/mar/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia