Senin, 23 Jul 2018
radarjember
icon featured
Ekonomi Bisnis

Muncul Bisnis Antar-Jemput Online

Sabtu, 17 Mar 2018 13:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Ojek Online Lokal,

ONLINE LOKAL: Walau Bondowoso terletak di kota kecil, namun sudah mulai muncul bisnis antar jemput online. Ini hasil kreasi anak muda Kota Tape. (Heru Putranto/Radar Ijen)

Kemudahan teknologi membuat seseorang semakin nyaman saja. Tinggal klik, semua sampai di rumah. Hal itu rupanya juga sudah bisa dilakukan di Bondowoso yang notabene kabupaten kecil. Seiring perkembangan zaman, beberapa pemuda membuat kreasi bisnis berbasis aplikasi. Mereka membuat aplikasi Ter-Ater Bondowoso. 

Penggagasnya adalah Darmawan, Rofiq, dan Miftah. Tiga orang ini adalah pemuda Bondowoso yang memiliki potensi di bidang IT. Pertemuan mereka terjadi tahun lalu. Tepatnya, menjelang Hari Jadi Bondowoso 2017. Saat itu, mereka membuat Ter-Ater Bondowoso. Namun belum penyempurnaan.

Baru sekitar kurang lebih dua bulan lalu, aplikasi itu dikembangkan lagi. Hanya dua bulan di playstore, sudah diunduh lebih dari 5 ribu pengguna internet. Dari segi profit, bisnis ini memang masih tergolong start-up. Hanya saja, geliat anak muda dalam hal pengembangan IT di Bondowoso menjadi hal yang menarik. “Kami ingin memberikan sesuatu untuk Bondowoso,” ungkap Darmawan yang menjadi Chief Operating Office Ter-Ater Bondowoso.

Kebetulan, para anak muda ini memiliki basecamp di Jalan Hos Cokroaminoto. Sedari dibuka, sudah ada 16 karyawan. Mulai bagian IT, kantor, sampai yang di lapangan. Kinerja aplikasi itu hampir sama dengan aplikasi antar-jemput online yang ada di kota-kota besar. Yakni, pesan online dan diantarkan ke alamat yang bersangkutan. “Ternyata peminatnya di Bondowoso bagus,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Idar ini menuturkan, ada 124 usaha kecil dan menengah (UKM) yang bermitra. UKM yang menjadi mitra bisa dipesan melalui aplikasi Ter-Ater Bondowoso. Setiap mitra tidak dikenakan biaya. 

Memang, di Bondowoso belum seperti kota-kota besar. Sebab, di kota besar sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memesan barang atau antar-jemput. Namun, dengan kreasi anak muda, apa yang bisa dilakukan di kota besar terwujud di Bondowoso.

Sementara Arif Setyo Raharjo, Kasi Usaha Pariwisata Disparpora Bondowoso mengaku, kreasi anak muda itu sangat bagus. Karenanya, pihaknya ikut nimbrung bersama anak muda tersebut. Sebab, dengan adanya aplikasi seperti itu, akan memudahkan orang yang datang ke Bondowoso mencari makanan khas atau mencari tempat khas di Bondowoso. “Ke depannya kami berharap aplikasi seperti ini memudahkan para wisatawan yang datang ke Bondowoso,” tegasnya.

Misalnya saja, bisa beli tiket wisata melalui aplikasi, bisa minta antar ke tempat wisata melalui aplikasi, dan bisa memesan makanan khas atau pernik-pernik khas Bondowoso saat di hotel dengan aplikasi. Intinya, bagaimana Bondowoso yang terkenal dengan wisata alam ini ditunjang dengan teknologi yang ada. 

(jr/hud/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia