Jumat, 20 Jul 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

Siswa Harus Pandai Menulis

Sabtu, 17 Mar 2018 12:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Diklat Jurnalistik, SMAN 1 Tenggarang,

LITERASI: Jawa Pos Radar Ijen melakukan edukasi tentang pentingnya membaca. Dan menularkan potensi jurnalistik kepada para siswa. (Heru Putranto/Radar Ijen)

‘Jika Anda berbicara, maka suara Anda hanya akan bergema di dalam ruangan. Namun jika anda menulis, kata-kata Anda akan bergaung sepanjang zaman’. Itulah yang menjadikan dasar siswa SMAN 1 Tenggarang menggelar diklat jurnalistik. Mereka ingin bisa menjadi penulis yang kreatif.

Mereka belajar bareng bersama tim Jawa Pos Radar Ijen. Heru Putranto selaku fotografer dan Sholikhul Huda selaku wartawan memberi materi puluhan siswa yang ikut ekstrakurikuler jurnalistik. Para siswa belajar menulis yang baik dan kreatif. 

Heru Putranto mengatakan, salah satu hal yang penting dalam karya jurnalistik adalah pengambilan angle atau sudut pandang. Baik foto maupun berita. Dengan pengambilan angle yang baik, maka akan menghasilkan karya yang menarik. “Intinya harus berkreasi, sudut pandang itu sangat penting untuk bisa membuat sebuah foto berbicara,” tegasnya.

Para siswa sendiri banyak belajar tentang jurnalistik. Mereka ingin bisa menulis dan membuat banyak produk tulisan. Sebab SMAN 1 Tenggarang memiliki majalah yang terbit setiap semester sekali. Selain itu juga ada website dan majalah dinding.

Sementara Kepala SMAN 1 Tenggarang Suprihartono mengaku, media massa adalah alat informasi yang menarik. Seperti halnya koran Jawa Pos Radar Jember. Kemenarikan tampilan itulah yang membuat siswa ingin belajar bersama. “Siswa bisa menyerap pengalaman reportase di lapangan selama ini,” terangnya.

Sehingga tidak hanya teori saja, namun ada sisi praktik yang bisa diserap oleh siswa. Dalam agenda ini, memang siswa tidak hanya mendapatkan teori saja, melainkan ada praktik menulis dan pengambilan gambar jurnalistik. 

(jr/hud/her/aro/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia