Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Radar Semeru

Tanggul Bondoyudo Jebol, Tujuh Hektare Padi Puso

Selasa, 13 Feb 2018 15:55 | editor : Dzikri Abdi Setia

tanggul jebol, Pertanian lumajang, Radar semeru,

MUSIMAN: Dinas Pertanian Lumajang minta agar dinas pengairan segera mengatasi masalah jebolnya tanggul sungai yang terjadi hampir tiap musim hujan. (hafid asnan/radar semeru)

Dinas Pertanian Lumajang memperkirakan, banjir yang sempat menggenang dua desa di Kecamatan Rowokangkung membuat puso sekitar tujuh hektare lahan padi. Sementara 59 hektare lahan padi lain yang juga sempat tergenang tidak sampai rusak. 

Lahan padi di Desa Rowokangung menjadi yang paling banyak terpapar genangan. Total ada 51 lahan padi di wilayah tersebut yang sempat tergenang banjir saat aliran sungai setempat meluap. 

Dampaknya, 7 hektare lahan padi berusia 7 hari puso. Sementara 44 hektare sisanya tidak sampai puso karena air segera surut.  Selain itu, sebagian lahan padi di Desa Sidorejo juga terkena luapan sungai. Namun, jumlahnya tidak sebanyak di Rowokangkung. 

Data Dinas Pertanian Lumajang menyebutkan, hanya 15 hektare padi berusia 21 tahun saja yang sempat tergenang. ”Yang di sini tidak sampai puso,” kata Paiman, kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang. 

Paiman yang baru saja dimutasi ke dari kepala Dinas Pertanian Lumajang itu menuturkan, banjir yang tejadi akibat luapan sungai di Wilayah Rowokangkung itu nyaris terjadi setiap tahun. Khususnya, saat datang musim hujan. Bersamaan dengan itu pula, lahan pertanian warga tidak pernah luput dari sasaran banjir. 

Untuk itu, dia berharap agar Dinas Pengairan lekas melakukan normalisasi terhadap aliran sungai yang mulai dangkal itu. Pendangkalan tersebut, menurutnya, menjadi salah satu sebab kenapa setiap musim hujan, aliran sungai meluap. “Banjir luapan ini terjadi tiap tahun. Kami harap dinas terkait segera melakukan tindakan normalisasi aliran sungai tersebut, agar petani tidak menanggung rugi tiap tahun,” pungkasnya. 

(jr/was/aro/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia