Jumat, 20 Jul 2018
radarjember
icon featured
Radar Semeru

Semua Pasangan Calon Akur

Sabtu, 13 Jan 2018 08:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

pilkada lumajang, kpu lumajang, radar semeru,

AKUR YA: Suasana Pemeriksaan tes kesehatan yang dilakukan tiga pasangan calon dari Lumajang tampak akrab. Antara satu sama lain saling bersenda gurau (KPU LUMAJANG FOR RAME)

Setelah resmi mendaftar ke KPU, tiga pasangan calon melanjutkan kelengkapan persyaratan. Kemarin, tes kesehatan digelar bersamaan di RS Syaiful Anwar Malang. Selama tes, tiga pasangan calon terlihat akur dan saling bersenda gurau.

Sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan KPU Lumajang, kemarin adalah jadwal tes kesehatan. Digelar bersamaan dengan lima kabupaten/kota yang menggelar pilkada. Yakni Kota Probolinggo, Bondowoso,  Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, dan Lumajang sendiri.

Tes kesehatan dimulai sejak pukul 07.00. Sejak jam dimulainya tes, informasi yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Semeru tiga pasangan calon datang bergantian. Diawali oleh pasangan H Thoriqul Haq – Hj Indah Amperawati, disusul kemudian pasangan H Rofik – Nurul Huda, kemudian disusul pasangan Drs H As’at Malik – H Thoriq.

“Tiga pasangan calon dari Lumajang datang berurutan. Mereka langsung berkumpul di tempat yang sudah ditentukan,” ungkap Siti Mudawiyah SE, ketua KPU Lumajang yang mendampingi.

Di saat itulah, suasana gayeng antar pasangan calon terlihat. Dia menuturkan, hampir semua pasangan calon saling bersenda gurau. “Santai suasananya. Semua merasa nyaman dan antar pasangan calon saling bercanda,” ungkapnya. Informasinya, hanya As’at dan Indah yang cuma bersalaman. Tidak bersenda gurau lepas seperti calon lainnya yang mencair.

Saat tiba waktunya tes juga demikian. Bahkan, antar pasangan calon juga bisa saling melihat dan menjenguk. Karena bersamaan dengan empat kabupaten/kota lainnya, maka jadwal ada kalanya meleset. Sebab harus menunggu yang sedang dites selesai. Baru calon lainnya giliran masuk.

Mudawiyah bersama satu orang komisioner yakni Yusuf Adi pamungkas dan seorang staf KPU mengawal pelaksanaan tes kesehatan itu dengan seksama. Satu per satu juga didampingi dan semuanya berjalan lancar. 

“Memang tidak sesuai jadwal, tetapi secara keseluruhan lancar,” tambahnya. Molor dari seharusnya rampung pukul 13.00 tetapi baru beres jam 16.00. Sebab, masih harus antre dengan pasien lainnya.

Hanya saja, hasilnya tidak bisa dilihat saat itu juga. Masih menunggu semua yang dites dianalisa dan diuji. Baru jika sudah selesai nanti, bakal diumumkan hasilnya sekitar 14 Januari. “Kalau sekarang belum bisa. Hasilnya belum. Masih nunggu,” ungkapnya.

Dengan rampungnya tahapan tes kesehatan sore kemarin sekitar pukul 16.00, Yusuf Adi pamungkas, Divisi Logistik KPU Lumajang, mengatakan bakal dilanjutkan pagi ini. “Sama, dimulai jam 07.00 bakal dilakukan tes psikologi. Pelaksanaan test di ruang Mojopahit lantai 3 RS Syaiful Anwar, Malang. Lebih lama karena makan waktu delapan jam. Hanya break salat Jumat saja,” katanya.

Sementara itu, Akhmad Mujaddid MR, ketua panwas yang juga turut mengawasi pelaksanaan tes turut membenarkan. Dia menegaskan jika seluruh rangkaian berjalan sesuai aturan. “Tidak ada masalah, semua berjalan relatif lancar,” pungkasnya.

(jr/fid/sh/das/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia