Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Ekonomi Bisnis

Mulai 2018 Pasang Baru PDAM Gratis..tis..

Kamis, 16 Nov 2017 12:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

PDAM Jember, Radar Jember,

Bupati Jember dr Faida MMR terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Khususnya dibidang kesehatan. Tak terkecuali melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Jember. PDAM didorong untuk ikut meningkatkan pelayanan gratis untuk memenuhi  22 janji kerja Bupati Faida dibidang kesehatan. 

Kini, manajemen PDAM Jember membuat terobosan agar semua masyarakat Jember mendapatkan pelayanan air PDAM agar derajat kesehatan masyarakat meningkat. Caranya dengan program Sambungan Rumah Gratis, yaitu pemasangan baru PDAM gratis mulai 2018 mendatang. 

PDAM menargetkan semua warga mendapatkan pelayanan sambungan gratis di sebagian kecamatan  di Jember. Antara lain Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, Patrang, Mangli, Ajung, Rambipuji, Balung, Tanggul, Puger, Mumbulsari, Jelbuk, Pakusari. Target yang dicanangkan ada tambahan pelanggan baru 40.000. Saat ini pelanggan PDAM baru 35.000. sehingga sampai akhir 2019 ada 75 ribu pelanggan PDAM. 

“Untuk mendukung penuh komitmen Bupati dr Faida MMR dalam melayani masyarakat, PDAM telah membuat program pemasangan baru gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mulai 2018, tahun depan,” kata Direktur Utama PDAM Jember Ady Setiawan kepada Jawa Pos Radar Jember, kemarin. 

Ady Setiawan mengaku, manajemen PDAM sudah dihubungi langsung Bupati Faida MMR untuk memberikan pelayanan pemasangan sambungan baru secara gratis kepada masyarakat. “Manajemen PDAM sangat mengapresiasi komitmen Ibu Bupati dr Faida MMR agar PDAM melayani MBR secara gratis, khusus dalam penyambungan baru,” imbuh kandidat Doktor Hukum Kesehatan Untag Semarang tersebut. 

Dia menjelaskan, biaya penyambungan gratis nantinya akan dibiayai dengan APBD melalui penyertaan modal. Yang selanjutnya, APBD tersebut akan ditukar dengan program dari pemerintah pusat. Dengan kata lain, penyambungan baru gratis tersebut sejatinya dibiayai pemerintah melalui APBN tetapi sementara menggunakan APBD Jember dulu. “Artinya biaya bukan dari APDB Jember,” terangnya. 

Dia menerangkan, ini menjadi program Bupati dr Faida MMR yang berkomitmen dalam program infrastruktur yang berwawasan kesehatan. Khususnya dalam rangka mengurangi Triple Burden Desease (tiga beban penyakit). Di mana presiden akan segera menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) yang melibatkan lintas kementerian tentang pentingnya pembangunan berwawasan kesehatan. 

Pemkab dan DPRD Jember sudah menunjukkan mendukung program-program PDAM Jember  melalui Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) untuk 2018 sebesar Rp 7 miliar. “PMP tersebut sebagai sharing Pemkab Jember agar dana APBN turun digunakan untuk mengembangkan tiga instalasi pengolah air (IPA) Tegal Besar debit air 150 Lpd (liter per detik). IPA Tegal Gede debit air 150 Lpd  dan IPA Ajung debit air 50 Lpd dengan syarat ada surat minat dari bupati,” pungkasnya.

(jr/gus/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia