Sabtu, 21 Jul 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember Events

Togamas Bergabung di SKB

Kamis, 12 Oct 2017 07:00 | editor : Dzikri Abdi Setia

Sedekah koran, buku, jember, radar jember

DUKUNG SKB: Koordinator Sedekah Koran dan Buku (SKB) Hari Setiawan (kiri) bersama Andi Dipraja, store manager toko buku Togamas. Togamas menyatakan bergabung menyukseskan program SKB. (rakhmad kurniawan/radar jember)

JEMBER – Toko buku Togamas menyatakan kesediannya untuk bergabung dalam menyukseskan Sedekah Koran dan Buku (SKB). Sebagai wujud menyukseskan gerakan literasi yang digalakkan pemerintah, Togamas berkewajiban moral untuk terlibat dalam SKB.

Menurut Andi Dipraja, store manager Togamas Jember, program SKB layak diapresiasi sebagai bentuk terobosan inovatif media massa dalam menyukseskan gerakan literasi. “Sedekah Koran dan Buku sangat layak kami dukung. Ini match dengan misi kami,” ujarnya. Untuk mendukung SKB, dia mengatakan, pihaknya siap memberikan potongan harga khusus kepada Jawa Pos Radar Jember dalam pengadaan paket buku bacaan yang akan disalurkan ke sekolah atau madrasah sasaran. “Kami ada potongan khusus untuk Jawa Pos Radar Jember khusus untuk program ini,” tegasnya.

Hari Setiawan, koordinator Program SKB mengatakan, dirinya berterima kasih toko buku Togamas ikut mendukung program yang kali pertama diluncurkan Jawa Pos Radar Jember ini. “Kami sangat terbuka bila ada korporasi, perusahaan, atau lembaga yang ingin bergabung dalam program ini,” katanya.

Menurut dia, program SKB bertujuan untuk menyukseskan gerakan literasi, khususnya di tingkat sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI). “Sebab, ternyata cukup banyak sekolah atau madrasah yang membutuhkan tambahan buku bacaan untuk perpustakaannya,” ungkapnya. Karena itu, selain menggalang donasi untuk SKB, Jawa Pos Radar Jember menerima bantuan buku bacaan siswa tingkat SD dan MI dari masyarakat luas. Baik itu buku yang masih baru maupun bekas, tetapi layak pakai dan baca.

Sumbangan buku bacaan dari masyarakat itu merupakan perwujudan dari semangat gotong royong. “Jika ada yang mau menyumbang buku bacaan baru untuk siswa SD dan MI, tentu kami sangat senang. Kalau pun mau menyumbang buku bacaan yang sudah bekas, selama buku itu masih layak dan bisa dibaca, kami juga menerima,” tutur Hari.

Dia mengatakan, ada kalanya di sebuah keluarga masih ada buku bacaan yang cocok untuk siswa sekolah dasar, tetapi sudah tidak dipakai lagi. “Sebab, anak-anaknya sekarang sudah dewasa, misalnya. Nah, jika bingung hendak ditaruh di mana, silakan buku yang masih layak bisa disumbangkan melalui program SKB ini,” katanya.

Skema SKB adalah Jawa Pos Radar Jember menggalang donasi dari berbagai pihak, baik personal, institusi, maupun komunitas. Selanjutnya, hasil donasi diwujudkan dalam bentuk langganan koran Jawa Pos Radar Jember dan paket buku bacaan umum. Lalu, koran dan paket buku itu disalurkan ke SD yang membutuhkan.

Abdul Choliq Baya, direktur Jawa Pos Radar Jember, menambahkan, berdasar pengamatan tim Jawa Pos Radar Jember, banyak SD di Jember yang masih membutuhkan penyediaan bahan bacaan bermutu. “Jangankan untuk SD di pinggiran, temuan kami di lapangan, beberapa SD di kawasan kota pun masih ada yang kekurangan bahan bacaan siswa,” ungkapnya.

Nantinya, sekolah yang menjadi sasaran SKB mendapatkan jatah satu eksemplar Jawa Pos Radar Jember setiap hari. Sedangkan paket buku diserahkan di awal program dimulai di sekolah tersebut. “Harapannya, koran dan paket buku itu memperkaya bahan bacaan di berbagai SD,” ujarnya, menjelaskan harapan dari program yang baru kali pertama digelar oleh Jawa Pos Radar Jember ini.

Yang ingin bergabung dalam SKB, Jawa Pos Radar Jember menyediakan beberapa paket donasi. Yakni, Paket A sebesar Rp 600.000, diwujudkan dalam bentuk langganan koran 3 bulan dan paket buku. Lalu, Paket B sebesar Rp 1.200.000 yang diwujudkan dalam bentuk langganan koran 6 bulan dan paket buku, serta Paket C dengan donasi sebesar Rp 2.400.000 yang diwujudkan dalam bentuk langganan koran selama 1 tahun dan paket buku.

Untuk keterangan lebih jelas, masyarakat bisa menghubungi Mbak Rini di kantor Jawa Pos Radar Jember Jl A. Yani 99 Jember, atau di nomor 0331-483545. Bisa pula menghubungi Hari Setiawan di 082301593944, Rakhmad Dwi di nomor 081358247009, dan Sukijan 082337904988.

(jr/lin/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia