Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar melantik ketua dan wakil ketua Komisi X DPR, Rabu (30/10), di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (dok DPR RI)

JawaPos.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar melantik ketua dan wakil ketua Komisi X DPR, Rabu (30/10), di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

IKLAN

Komisi X itu nantinya akan bermitra dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menakerkraf) Wishnutama.

Adapun pimpinan Komisi X DPR diketuai oleh Syaiful Huda (Fraksi PKB), Wakilnya Agustina Wilujeng Pramestuti (Fraksi PDIP), Hetifah Sjaifudian (Fraksi Golkar), Dede Yusuf Macan Effendi (Fraksi Demokrat), dan Abdul Fikri Faqih (Fraksi PKS). Nama-nama itu diusulkan oleh masing-masing fraksi.

“Terhadap nama-nama ini apakah bisa disetujui?” kata Cak Imin. Kompak anggota menjawab. “Setuju.”

“Saya ucapkan selamat kepada pimpinan Komisi X yang sebentar lagi saya serahkan palu pimpinan sidang untuk melanjutkan rapat internal,” kata Cak Imin.

Ketua umum DPP PKB itu berpesan, Komisi X DPR akan menghadapi tantangan baru. Karena menteri-menterinya adalah anak muda di bawah 35 tahun.

“Komisi X akan menghadapi tantangan baru, salah satunya menteri berusia 35 tahun. Menantang, menarik, berani, dan saya tidak tahu kenapa Pak Nadiem, mungkin karena kreativitasnya. Juga Wishnutama, menarik, menantang, berani, juga penuh tantangan,” kata  mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi itu.

Cak Imin pun lantas secara simbolik menyerahkan palu sidang kepada para pimpinan Komisi X DPR.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan