Penetapan Pemenang Pilkada Dijadwalkan 26 Juli

Rudy Hartono, Divisi Hukum KPU Lumajang menjelaskan rencana penetapan paslon terpilih

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – KPU memang masih belum mendapatkan kepastian secara resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) apakah ada gugatan atau tidak. Tapi, penetapan paslon terpilih sudah diagendakan. Dijadwalkan pada hari kamis, 26 Juli 2018 mendatang.

IKLAN

Disela-sela rapat pleno penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS HP), komisioner KPU Lumajang sempat menginformasikan terkait rapat pleno penetapan paslon terpilih. Bahwa sampat saat ini, masih menunggu surat resmi dari MK.
Rudy Hartono SH, Divisi Hukum KPU Lumajang menerangkan jika sampai saat ini KPU Lumajang masih menunggu surat resmi dari MK. “Masih menunggu, surat resmi akan dikirim melalui KPU Provinsi,” ujarnya.
Surat tersebut kata dia bakal disampaikan besok pada 23 Juli mendatang. ”Surat tentang register bahwa di MK tidak ada maupun adanya gugatan. Baru penetapan hasil perolehan pilkada Lumajang ditetapkan KPU,” ungkapnya.
Maka, berpijak dari surat tersebut, KPU Lumajang akan mengadakan penetapan paslon terpilih Pilkada Lumajang. Yang rencananya akan digelar hari Kamis, 26 Juli jam 10.00 di Gedung Sudjono Jalan Alun-alun Selatan Lumajang.
Pihak yang akan diundanh seluruh pasangan calon dan partai pengusung. Forkopimda, PPK, Panwaskab, Panwascam dan instansi terkait. “Kami sudah mengagendakan untuk mengundang semua pihak. Cuma sekarang ini masih menunggu surat resmi,” katanya.
Prosesnya penetapan nanti kata dia, paslon terpilih ditetapkan. Dengan cara membacakan berita acara penetapan masing-masing paslon. Kemudian paslon terpilih. Rapat Pleno penetapan itu akan dipimpin oleh ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah SE. Baru kemudian diteken oleh semua komisioner. “yang teken semua komisioner. Tidak ada panwas dan tim pemenanga,” lanjutnya.
Pun juga dengan saksi. Mereka tiodak perlu teken. Karena dalam berita acara sudah ada penetapan perolehan yang diteken saksi. Termasuk panwas tidak perlu teken di penetapan paslon terpilih pemenang pilkada. “Tetapi salinan hasil pleno penetapan diberikan pada mereka,” pungkasnya. (*)

Reporter : Hafid Asnan
Fotografer : Hafid Asnan
Redaktur : Winardi Nawang Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :