Dua Anggota Panwascam Nyaleg di PKB dan Gerindra

DILANTIK : Proses pergantian antar waktu Panwascam yang mundur karena mendaftar sebagai calon anggota DPRD

LUMAJANG TADARJEMBER.ID – Tidak sedikit penyelenggara pemilu yang tergiur untuk menjadi anggota dewan. Di Lumajang tercatat sudah ada lima. Tiga berasal dari Panitia Pemilihan Kecamata (PPK). Dua lainnya yang ditemukan kemarin dari Panwascam. Keduanya masing-masing mendaftar Caleg di Gerindra dan PKB.

IKLAN

Dua orang yang kemarin dilakukan PAW itu adalah M Zainudin Zuhri. Dia adalah Panwascam Padang dalam Pemilu 2019 ini. Dia memilih mundur dari Panwascam dan memprioritaskan menjadi Caleg dari Partai Gerindra.
Satunya lagi adalah Sabar Santoso. Panwascam Senduro pada Pemilu 2019 ini memilih mundur juga. Yang dituju adalah kursi Dewan melalui partai kebangkitan Bangsa (PKB).

Dengan demikian, tercatat ada lima unsur penyelenggara yang mendaftarkan diri menjadi Caleg. Sebab, sebelumnya ada tiga PPK yang mundur demi menjadi wakil rakyat di dewan.
Ketiganya adalah Muhammad Anam. Dia adaah Ketua PPK Klakah pada Pemilu 2019 yang mendaftar Caleg lewat PBB DPRD Jatim. PPK berikutnya adalah Mujiono anggota PPK Randuagung pada Pemilu 2019. Nyaleg lewat PKB Dapil 5 Lumajang.
Satu lagi PPK adalah Muhammad Hamidi Anggota PPK Ranuyoso dalam Pilkada 2018 lalu. Dia memilih lewat PKB Dapil 5 Lumajang untuk menuju kursi DPRD Lumajang. ketiganya sudah diproses PAW oleh KPU Lumajang.

Sementara itu, Sulastri Wulandari, Komisioner Panwaskab Lumajang yang membidangi SDM membenarkan kondisi tersebut. Komisioner Panwaskab asal Yosowilangun ini menjelaskan bahwa kedua Panwascam sudah mundur sebelumnya.
Tepatnya pada saat pendaftaran bacaleg di KPU. Hanya saja, proses PAW baru dilakukan pelantikan kemarin. “Karena masih menunggu persetujuan dari Bawaslu Jatim. Berbeda dengan PPK. Kalau Panwascam menurut aturan baru disahkan oleh Bawaslu Jatim,” ungkapnya. (*)

Reporter : Hafid Asnan
Fotografer : Hafid Asnan
Redaktur : Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :