alexametrics
30.3 C
Jember
Sunday, 9 May 2021
Desktop_CP_Top Banner
Mobile_CP_Top Banner

CATEGORY:

Pertanian & Peternakan

Butuh Proses Sadarkan Petani Gunakan Organik

Pertanian di Kabupaten Jember sejauh ini masih menjadi bagian dari lumbung pangan di Jawa Timur. Namun demikian, proses penanamannya kebanyakan masih mengandalkan pupuk nonorganik. Ke depan, petani di Jember diharapkan bisa mengandalkan pupuk organik. Sebab, hasilnya dinilai lebih sehat dan memiliki nilai tambah secara ekonomi. Ini tidak bisa instan. Butuh proses yang panjang.

Gabah Petani Sulit Terserap Bulog

Terik mentari siang itu membuat Mulyadi semakin semangat terus menjemur gabah di lapangan. Petani daerah Pelindu, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, tersebut menjemur gabahnya di atas terpal. Tiga hari berturut-turut menjemur, gabah itu akhirnya siap dimasukkan ke dalam karung.

Tanam Jagung Dianggap Lebih Untung

Jagung bagi petani di tengah pandemi dan bulan puasa terasa begitu manis. Apalagi harganya mulai naik hingga mencapai Rp 5.200 per kilogram. Tentu saja itu berbanding terbalik di saat musim panen raya padi. Di mana petani padi terpaksa gigit jari lantaran harga gabah tak sampai Rp 4 ribu per kilogram.

Datangkan Ikan dari Luar Jember

Minimnya hasil tangkapan para nelayan di Puger membuat stok ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger menipis. Terpaksa, sejumlah pedagang di TPI mendatangkan ikan dari luar daerah untuk memenuhi permintaan yang terus mengalami peningkatan.

Panen Raya, Harga Gabah Anjlok

Sejumlah daerah mulai memasuki masa panen raya. Imbasnya, pasokan gabah mengalami peningkatan yang cukup signifikan di kalangan petani. Sayangnya, fenomena ini juga menjadi salah satu penyebab harga gabah anjlok.

Pertanian 2020 ‘Pasrah’ pada Cuaca

Terobosan di bidang pertanian pada 2020 nyaris tak ada yang membanggakan. Petani seakan-akan harus banting tulang sendiri demi menaikkan produksinya. Hal ini terungkap dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2020 pada era sebelum Bupati Jember Hendy Siswanto. Kendati kegiatan tahun lalu, Hendy tetap membacanya agar Jember tidak dapat rapor merah.

Harga Ternak Mulai Naik

Sepekan jelang bulan Ramadan membuat sejumlah barang-barang dan kebutuhan mulai merangkak naik. Kenaikan itu juga menyusul adanya anggapan bahwa saat Ramadan, tingkat konsumsi masyarakat juga meningkat.

Petani Pasang Bronjong di Dam Sembah

Agar sawahnya tetap teraliri air dari Sungai Kalijompo, Lingkungan Poreng, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, petani akhirnya memasang bronjong di sejumlah sisi sungai. Ya, sejak Dam Sembah diterjang banjir, puluhan hektare sawah milik petani tak bisa dikerjakan sebagaimana mestinya hingga mengalami kekeringan.

Petani Khawatir Serapan Gabah Melemah

Musim panen padi sudah mulai tiba. Di sejumlah areal persawahan, banyak petani yang mulai memanen tanaman padi mereka. Namun, tidak sedikit pula lahan persawahan yang masih dalam masa perawatan.

Membakar Lahan Harusnya Jadi Solusi Terakhir

Pasukan hama wereng di Jember semakin membuat petani gusar. Bagaimana tidak, pekan kemarin petani di Desa Kertonegoro, Jenggawah, membakar padinya akibat terserang wereng. Menurut akademisi pertanian, membakar padi karena wereng memang efektif, tapi wereng bisa dihindari dengan pengamatan setiap hari.
Desktop_CP_Rectangle 1
Mobile_CP_Half Page

Berita Terbaru

Perketat dengan 5 Pos Penyekatan

Masih Megah Meski Tak Berfungsi

Hanya Dijual Lewat Daring

Kemangi, Kunci Wangi Alami

Desktop_CP_Rectangle 2
×

Info!

Mau Langganan Koran, Info Iklan Cetak dan Iklan Online

× Info Langganan Koran