Warga Tangkap Orgil karena Pukuli Pemotor dan Lempari Mobil

DIANGGAP MERESAHKAN: Warga bersama petugas Puskesmas Sumberbaru membawa pelaku yang mengalami gangguan jiwa untuk mendapat perawatan medis.

SUMBERBARU.RADARJEMBER.ID- Pengguna jalan yang melintas di Jalan Desa Jatiroto Lor, Kecamatan Sumberbaru, Jember, Jawa Timur, Selasa (28/1) siang, mendadak merasa terganggu. Sebab, ada orang gila (orgil) yang melempari pengendara yang lewat di jalur setempat.

IKLAN

Oleh warga kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Sumberbaru. Petugas yang menerima laporan langsung mendatangi lokasi. Di lokasi warga ternyata sudah bertindak sendiri dan berhasil mengamankan orang yang diduga mengalami gangguan jiwa. Selanjutnya, warga membawa orang yang sudah diikat dengan tali tampar itu ke mapolsek.

Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo mengatakan, pihaknya setelah mengamankan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ditangkap warga. Karena tindakan itu sudah meresahkan, khususnya pengguna jalan. Setiap pengendara motor yang lewat dipukul. Sedangkan mobil yang melintas oleh pelaku dilempari batu.

Usai mengamankan pelaku, Polsek Sumberbaru berkoordinasi dengan puskesmas setempat. Setelah mendapat penanganan, pelaku kemudian dibawa ke RSD dr Soebandi Jember untuk penanganan lebih lanjut.

Pelaku yang diketahui bernama Haris Jasmiyanto, 27 warga Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Probolinggo ini pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang. “Berdasarkan informasi yang kami dapat, pelaku pernah dirawat selama satu tahun pada 2017 hingga 2018 lalu,” jelas Subagiyo. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih