Yayasan Al Falah Al Khairiyah (YIMA) Bagi-Bagi Daging Kurban

Gugah Eko Saputro/Radar Ijen KOMPAK: Warga Al Khairiyah Kelurahan Kademangan, Bondowoso bersiap melakukan penyembelihan hewan kurban.

RADARJEMBER.ID – Sehari setelah Hari Raya Iduladha 1439 Hijriah, Yayasan Al Falah Al Khairiyah (YIMA) melakukan penyembelihan hewan kurban yang di halaman SMP YIMA School, Kamis pagi kemarin (23/8). Sebanyak 20 ekor sapi dan 44 ekor kambing disembelih. Dagingnya yang sudah dibungkus plastik, lantas dibagikan ke warga sekitar YIMA dan didistribusikan ke warga yang membutuhkan yang berada di pelosok.

IKLAN

Ketua Panitia Kurban Al Khairiyah, Alwi Muhammad Amin mengatakan kepada Jawa Pos Radar Ijen, jumlah hewan kurban tahun ini lebih banyak dibandingkan Hari Raya Kurban tahun kemarin. ”Ada peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini. Alhamdulilah, banyak warga Al Khairiyah yang mendonasikan uangnya ke panitia untuk dibelikan hewan kurban. Juga ada yang memberi berupa  hewan kurban ke panitia,” terangnya.

Alwi melanjutkan, kondisi hewan kurban sangat sehat dan dagingnya layak untuk dikonsumsi, sehingga penerima daging tinggal memasak dagingnya untuk disantap bersama keluarga. ”Karena inti dari Lebaran Kurban ini adalah kepedulian kepada sesama. Dan Yayasan Al Khairiyah ikut peduli kepada sesama,” katanya. Selain itu, panitia menyebarkan kupon pengambilan kepada warga sekitar. ”Warga yang ingin mendapatkan daging, tinggal menukar kupon,” katanya.

Sementara itu, usai Salat Iduladha digelar Rabu lalu, warga Al Khairiyah tidak langsung melakukan penyembelihan kurban. Namun, mereka melakukan silaturahmi dengan mengunjungi para tetangga. “Kami melakukan iwat atau bersilaturahmi ke tetangga dekat. Ini menjadi tradisi di kalangan Al Khairiyah,” kata Alwi Muhammad Amin.

Tradisi yang sudah turun-temurun itu terus dipupuk dengan tujuan semakin mempererat tali silaturahmi. “Oleh sebab itu, warga Al Khairiyah sangat kompak,” katanya. Amin juga menambahkan, untuk tradisi kurban yang dilakukan oleh Yayasan Al Khairiyah sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun yang lalu. “Jadi, sejak berdirinya Yayasan Al Khairiyah ini, tradisi kurban sudah ada,” katanya.

Reporter & Fotografer : Eko Saputro
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :