Cak Thoriq Pintar Nyanyi Keroncong, Duet Bareng Ajeng Ramaikan Peringatan Hari Kemerdekaan

Ika Anggraeni for RAME SEMRINGAH: Bupati dan wakil bupati terpilih Thiroqul Haq dan Indah Amperawati Masdar ikut hadir dalam acara Keroncong Kemerdekaan di Lumajang.

RADARJEMBER.ID- Musik keroncong dikenal sebagai salah satu musik perjuangan di masa perjuangan Kemerdekaan RI. Tak pelak, hingga kini musik hasil perpaduan lokal dan Portugis itu menyimpan aura heroisme bagi pendengarnya.

IKLAN

Alunan musik itu pun didendangkan di Lumajang seiring tibanya perayaan kemerdekaan RI yang ke-73. Dan para pelaku Keroncong Lumajang punya cara menarik guna semakin memeriahkan keroncong kemerdekaan yang mereka gelar. Mereka meminta Bupati Lumajang terpilih, Thoriqul Haq,  berduet dengan penyayi cilik Lumajang, Ajeng. Keduanya diminta melantunkan keroncong.

Kendati relatif muda, Cak Thoriq ternyata cukup fasih melantunkan lagu genre musik hibrida Portugis itu. Duetnya bersama penyayi cilik Lumajang, Ajeng, memukai banyak mata yang hadir di

Pada tersebut digagas Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Lumajang, Gedung Keroncong Band Lumajang (KBL) Citra, Minggu siang lalu (19/8). Cak Thoriq seperti membangkitkan semangat para pelaku keroncong Lumajang dengan janji akan memberi ruang musik keroncong di masa pemerintahannnya nanti.

Keroncong akan menjadi salah satu sajian pada hajatan-hajatan daerah. “Keroncong akan dipentaskan dalam Hari Jadi Lumajang,” ucapnya dalam acara bertajuk Gebyar Keroncong Sebagai Ajang Bhakti Perjuangan Pelestari Budaya Bangsa itu.

Di luar hal itu, salah satu wadah keroncong di Lumajang, Komunitas Pencinta Keroncong, bisa dibilang lumayan produktif dalam berkarya. Hingga detik ini, sudah 60 buah lagu keroncong yang ditelurkan. Sepuluh diantaranya, telah dibawa ke Kemenkum HAM untuk dipatenkan, menggunakan kucuran dana hibah dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Lumajang.

Ratnaningsih, Ketua Panitia sekaligus ketuga PKM Universitas Lumajang, menuturkan, acara Gebyar Keroncong tersebut menjadi cara yang dilakukan pihaknya dalam melestarikan. Juga menumbuhkembangkan seni budaya keroncong di Kabupaten Lumajang. Waktunya menjadi begitu pas, mengingat berbarengan dengan momentum HUT RI.

Banyak tokoh yang hadir dalam acara tersebut. Selain Cak Thoriq, wakil bupati terpilih Indah Masdar juga tampak hadir. Termasuk petinggi Universitas Lumajang, dan pentolan-pentolan keroncong di Lumajang.

Reporter : Khawas Auskarni Muhyidin
Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji
Fotografer: Ika Anggraeni

Reporter :

Fotografer :

Editor :