RAZIA: Suasana razia Lapas Pasuruan. Dalam razia itu, petugas menemukan sejumlah barang yang dilarang. (Foto: Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

PURWOREJORadar Bromo – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Pasuruan kembali melakukan razia di sejumlah ruang tahanan di lapas setempat, Senin (14/10) malam. Hasilnya, Lapas menemukan sejumlah barang yang dilarang selama razia.

IKLAN

Razia ini dilakukan mulai pukul 19.00 sampai pukul 20.00. Razia dilakukan di 10 blok ruang tahanan setempat, mulai Blok 1 sampai Blok 10. Selama satu jam penggeledahan ini, petugas menemukan 10 jenis benda yang dilarang.

Kepala Pengamanan Lapas IIB Pasuruan Afan Sulistyono mengungkapkan, razia dilakukan atas perintah dari Pelaksana Tugas (Plt) Kalapas IIB Pasuruan Zonni Andra. Tujuannya, untuk meminimalisasi adanya benda dan barang larangan atau berbahaya.

“Ini demi keamanan dari warga binaan sendiri. Dikhawatirkan di lapas tersimpan handphone, narkoba, dan senjata tajam (sajam),” ungkapnya.

Afan -sapaan akrabnya- menjelaskan selama razia ditemukan sejumlah barang. Antara lain, satu buah pak kartu remi, dua buah botol kaca, tiga buah sendok stainless steel, 11 buah paku, dan satu buah radio. Lalu, satu buah kartu domino, dua buah kawat, dua buah gunting, tiga buah jarum, dan satu buah kaca.

Menurutnya, 10 jenis barang ini ditemukan di lokasi berbeda. Ada yang di dalam ruang tahanan, seperti radio dan kartu remi. Dan ada pula yang ditemukan di taman dan halaman depan ruang tahanan, seperti kawat ataupun paku.

“Selanjutnya, barang ini kami amankan dahulu untuk dimusnahkan. Dikhawatirkan, barang seperti ini bisa digunakan untuk membahayakan sesama penghuni lapas,” sebut Afan. (riz/hn)