Semarak Peringatan Tahun Baru Hijriah, Ribuan Santri Kirab Keliling Kota

Jumai/Radar Jember SYIAR: Ribuan santri cilik kemarin kirab berkeliling Kota Jember memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriah.

RADARJEMBER.ID –  Ribuan siswa dan santri cilik kemarin pagi melakukan kirab berkeliling kota Jember. Mereka dengan mengenakan busana muslim dan membawa balon warna warni membuat suasana peringatan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah di Jember ini menjadi semakin semarak.

IKLAN

Tidak tampak kelelahan, meskipun mereka berjalan kaki lumayan jauh. Mereka yang masih berusia dini didampingi oleh orang tua berkeliling kota Jember dalam acara peringatan tahun baru Islam itu. “Total ada sekitar 2500-an pesertanya,” terang Akhmad Hafid, direktur Lembaga Pendidikan Al Baitul Amien Jember kepada Jawa Pos Radar Jember, kemarin.

Para peserta ini, diakuinya kebanyakan dari lembaga pendidikan Al Baitul Amien. Mulai dari TPQ, PAUD, TK, SD 1 dan 2, juga SMP Al Baitul Amien yang jumlahnya mencapai 2 ribu peserta. Sisanya yang 500 ada dari tujuh lembaga di Jember. Baik itu dari wilayah kota Jember, juga dari Kecamatan Balung dan Sumberbaru untuk bersama memeriahkan peringatan 1 Muharam ini.

Kirab santri ini dibuat dua rute. “Untuk Anak-anak mulai dari TK, PAUD, TPQ, dan siswa kelas 2 SD, rutenya lebih pendek,” terangnya. Yakni mulai dari Alun-alun menuju ke Jalan Gatot Subroto, Jalan Kartini menuju kembali ke Alun-alun.

Sedangkan mulai kelas 3 SD ke atas, rutenya lebih jauh. Yakni dari Alun-alun ke Jalan Ahmad Yani menuju ke Jalan Trunojoyo. Lalu mereka menuju ke Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Gajah Mada, menuju Jalan Sultan Agung, hingga ke Alun-Alun. “Memang untuk yang besar lebih jauh, karena biar lebih terasa tahun baru Islamnya,” terang Hafid.

Dirinya menuturkan, kegiatan ini memang bertujuan agar anak-anak menyadari benar makna dari tahun baru Islam. “Menyadarkan kepada mereka bahwa sebagai muslim mereka memiliki tahun baru sendiri,” jelasnya. Dengan demikian, diharapkan anak-anak ini juga memiliki kesadaran yang sama seperti merayakan tahun baru Masehi.

Bukan hanya itu, pihaknya berharap kegiatan ini bisa menimbulkan kebanggaan dan semangat tersendiri bagi anak-anak ini. “Minimal mereka bisa bangga menjadi anak muslim,” jelasnya. Tentunya dengan harapan nantinya para santri ini bisa mengamalkan nilai-nilai Islam dalam semua kegiatan sehari-hari.

Juga tentunya bisa meningkatkan iman dan takwa sebagai seorang muslim. Bukan hanya kepada anak-anak saja, tetapi pihaknya berharap jika rasa ini juga bisa tertular kepada masyarakat lainnya di Jember yang melihat kirab anak-anak tersebut. “Diharapkan bisa menyadarkan masyarakat bahwa hari ini (kemarin, Red) adalah 1 Muharram. Jadi, masyarakat juga ingat tahun baru Islam,” jelasnya.

Dengan harapan, masyarakat mengetahui di tahun yang baru, maka masyarakat juga bisa melakukan ikhtiar untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun mendatang. “Maka, ini juga menjadi syiar Islam, untuk membuat tahun baru menjadi momentum menjadi pribadi yang lebih baik nantinya,” jelasnya.

Bukan hanya kirab saja, dalam peringatan 1 Muharram 1440 Hijriah ini, pihaknya juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Di antaranya bahana Muharram, juga lomba-lomba yang digelar di Masjid Al Baitul Amien Jember. “Total ada 1.200-an peserta lomba,” jelasnya. Mulai dari lomba tilawah untuk SD, SMP SMA, sampai tahfidz SD, SMP dan SMA.

Juga ada lomba tartil, nasyid Islami, dan peragaan busana tingkat umum. “Hingga lomba pidato bahasa Arab, Inggris, dan bahasa Indonesia tingkat SD SMP SMA,” jelas Hafid. Berbagai lomba ini memang digelar pihaknya untuk lebih menyemarakkan peringatan tahun baru Islam. “Serta menjadi wadah bagi siswa dan santri berprestasi di bidang keagamaan,” jelasnya.

Peringatan tahun baru Islam ini akan ditutup pada 20 September 2018 atau bertepatan dengan 10 Muharram 1440 H. “Nantinya akan ditutup dengan istigasah bersama sekaligus dengan melakukan santunan terhadap 100 anak yatim di Jember,” pungkasnya.

Reporter : Rangga Mahardika, Jumai
Editor : MS Rasyid
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah
Fotografer: Jumai

Reporter :

Fotografer :

Editor :