Drama Penemuan Bayi di Balung, Ternyata Janin Itu Cucu Sendiri

POLSEK BALUNG  FOR RADAR JEMBER SEHAT: Bayi yang dibawa pulang AL dan diakui ditemukannya di sebuah rumah, kondisinya sehat, dan telah mendapat perawatan medis di RSD Balung.

RADARJEMBER.ID – Puji Wijayanti terkejut setelah mendapat laporan dari putranya yang mengaku menemukan bayi masih hidup di sebuah rumah di Jalan Kamboja I Dusun Krajan Tengah, Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, Senin (10/9) malam. Karena khawatir terjadi sesuatu, perempuan 36 tahun ini lantas melaporkan temuan janin berjenis kelamin laki-laki itu ke perangkat desa setempat.

IKLAN

Laporan yang diteruskan ke Polsek Balung tersebut, segera ditindaklanjuti. Setelah jabang bayi dibawa ke RSD Balung untuk mendapat perawatan medis, polisi segera menyelidiki siapa yang bertanggung jawab atas nasib bayi malang tersebut. Rupanya, hasil penyelidikan merujuk ke seorang remaja berinisial AL, yang tak lain adalah anak Puji Wijayanti, orang yang mengaku pertama kali menemukan bayi tersebut.

Informasi yang dihimpun radarjember.id menyebutkan, remaja 18 tahun ini sengaja menutupi aibnya dengan berpura-pura menemukan bayi tersebut. Padahal, bayi itu merupakan hasil hubungan gelap dengan kekasihnya berinisial RS, warga Desa Tutul, Kecamatan Balung. Namun, karena takut aibnya terbongkar, dia sengaja berbohong kepada ibunya dan mengatakan bahwa bayi yang dia serahkan itu adalah hasil temuan di depan rumah tetangganya.

Tak sampai 24 jam, kasus ini pun terungkap. Polisi yang melakukan penyelidikan mengendus adanya kejanggalan dalam peristiwa tersebut. Ternyata kecurigaan polisi benar. Setelah ditelusuri, bayi itu baru saja dilahirkan oleh kekasih AL di rumah salah satu temannya di Desa Balung Kulon.

Sementara itu, Kapolsek Balung AKP Niluh Sri Artini mengungkapkan, awalnya AL mengaku menemukan bayi tersebut sekitar pukul 23.00. Saat itu, remaja ini hendak pulang ke rumahnya, namun saat melintas di sebuah gang dia mengaku melihat ada bayi tergeletak di atas kursi, persis di depan rumah tetangganya.

Kemudian, kata dia, AL pulang dan memberitahukan kepada ibunya. Mendapati putranya menggendong bayi yang saat itu masih terbungkus jarit berwarna putih, sang ibu lantas menolongnya dan melaporkan kejadian ini ke perangkat desa yang diteruskan ke Polsek Balung. “Saat itu juga, bayi tersebut langsung kami bawa ke Rumah Sakit Balung. Dan hingga saat ini masih dalam perawatan tim dokter rumah sakit,” terangnya.

Menurut Niluh, kasus ini telah dilimpahkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Jember. Sejauh ini, ujarnya, polisi juga masih mendalami dengan meminta keterangan sejumlah saksi, termasuk AL, yang terindikasi kuat sebagai ayah biologis bayi tersebut.

Selain itu, aparat juga telah mengamankan barang bukti berupa gunting, kain lap, dan kaus warna merah yang berlumuran darah. “Untuk kondisi bayi sehat. Saat ini masih dalam tahap observasi tim medis. Rencananya bayi itu akan dikembalikan ke keluarganya,” tandasnya.

Reporter : Mahrus Sholih
Editor : MS Rasyid
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :