Tiga Kloter Jemaah Haji Tiba di Kampung Halaman, Disambut Bupati dan Wabup Terpilih

HAFID ASNAN/RAME PERHATIAN: Bupati terpilih, Thoriqul Haq MML, atau akrab disapa Cak Thoriq, menunjukkan kepeduliannya terhadap jemaah haji lansia yang kelelahan di Pendapa Lumajang, kemarin.

RADARJEMBER.ID –  Tuntas sudah rangkaian ibadah haji yang dilakukan jemaah asal Lumajang. Sejak dini hari hingga sore kemarin, tiga kloter sudah tiba di kampung halaman. Semuanya disambut oleh Bupati dan Wabup terpilih H Thoriqul Haq MML dan Ir Hj Indah Amperawati Masdar  MSi di Pendapa Bupati Lumajang.

IKLAN

Sebagaimana jadwal yang dirilis sebelumnya, proses pemulangan jemaah haji relatif tidak ada kendala. Kloter 31 tiba di Lumajang pada dini hari sekitar pukul 02.00. Kloter 32 tiba pagi sekitar pukul 08.00, dan kloter 33 sampai di Pendapa Lumajang pukul 14.00.

Kedatangan tamu Allah ini memang sempat dijadwalkan disambut di salah satu rumah makan di kawasan Probolinggo. Namun, prosesi penyambutannya lebih fokus di Pendapa Lumajang. Bupati terpilih H Thoriqul Haq MML, dan Wabup terpilih Ir Hj Indah Amperawati MSi turut sedia hadir menyambut kedatangan jemaah haji tersebut.

Sejak kedatangan kloter 31 yang dini hari, dan kloter 33 sore kemarin, para penjemput berjajar antre di halaman depan pendapa. Kendaraan yang diatur berjajar di alun-alun sisi selatan bergiliran menjemput jemaah yang ada di pendapa. Sementara, jemaah haji yang turun dari bus juga langsung disambut bupati dan wabup terpilih. Ada juga sejumlah pejabat teras Pemkab Lumajang dan para petinggi dari Kantor Kemenag Lumajang.

Di sela-sela penyambutannya itu, Cak Thoriq menyapa jemaah dengan santun. Termasuk Bunda Indah, sapaan wabup terpilih ini. Pelukan hangat dan sambutan haru pada jemaah tak jarang terlihat.

Bahkan, di sela-sela penyambutan kloter 33 kemarin, Cak Thoriq sempat menyapa jemaah lansia, Karsiti, asal Desa Tanggung, Kecamatan Padang, sambil berjongkok di depan Karsiti yang kelelahan duduk di kursi. “Gimana ibadahnya umik, sa’i lancar, thawaf lancar?” sapa Cak Thoriq. Jemaah lansia itu pun mengangguk dan merangkul cak Thoriq.

HM Mudhofar SAg MSi, Plt Kasi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Lumajang menjelaskan, seluruh rangkaian ibadah haji sudah rampung. Dan selama proses penjemputan kemarin juga tidak ada kendala. Dia menegaskan, sejauh ini, dari total 1.130 jemaah yang berangkat, yang pulang sementara ini baru 1.128. Seorang jemaah meninggal, dan seorang lagi jatuh sakit dan menjalani perawatan di RS Arab Saudi.

Reporter & Fotografer: Hafid Asnan
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :