Paling Banyak Diburu Penggemar, Pamor Burung Cinta Belum Pudar

NUR HARIRI/RADAR JEMBER WARNA-WARNI: Lovebird milik Holili yang dijual di pinggir jalan Kelurahan/Kecamatan Rambipuji, kemarin (31/8).

RADARJEMBER.ID – Love bird belum kehilangan pamor. Tak hanya di kawasan kota, di pinggiran pun burung ini masih mentereng. Banyak diburu dan diminati para penggemar burung.

IKLAN

Sesuai namanya, burung cinta tersebut digemari karena aneka ragam jenis,  warna, dan tingkahnya.

Di Rambipuji misalnya. Penjual di sana mengaku, dari semua burung yang dipajang, paling laris adalah love bird. Salah satunya seperti lapak penjualan burung milik Holili, di pinggir Jalan Kelurahan/Kecamatan Rambipuji. “Love bird jumlahnya banyak dan diminati,” katanya.

Di beberapa lokasi, love bird memiliki harga antara Rp 100 ribu sampai jutaan rupiah. Burung tersebut banyak dicari karena warnanya yang cantik dan kicauannya yang khas. Burung itu juga mudah dirawat, mudah bersahabat, serta tidak mudah stres.

Love bird memiliki banyak jenis dengan warna berbeda. Di antaranya, love bird blorok, love bird kepala emas, pastel hitam, kuning, hijau, dan biru. Ada juga love bird albino mata merah dan hitam, serta ada dakocan hijau dan biru. Selain itu, ada olive, biru violet, dan holland.

Sementara itu, burung di jember yang dijual para pedagang sebenarnya tidak hanya jenis itu saja. Ada banyak macam burung yang dijual di beberapa lokasi di Jember. Seperti burung kacer, kenari, pleci atau kaca mata, cucak rawa dan ijo, ciblek atau prenjak, murai batu, kolibri, dan banyak lagi.

Salah seorang pencinta burung, Sobri menjelaskan, dari berbagai macam burung tersebut, ada yang bisa diternak. Salah satu burung yang mudah diternak yaitu love bird. “Untuk pemula, merawat burung ini juga sangat pas. Makannya tidak susah dan perawatannya sederhana,” ungkapnya.

Reporter & Fotografer :Nur Hariri
Editor : MS Rasyid
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :