Nabi Muhammad SAW adalah pengusaha yang sukses sejak usia muda. Puncaknya ketika berumur 25 tahun, ketika beliau pergi bisnis ke Syria membawa dagangan Siti Khodijah.

Kalau kita bertanya, apa rahasia Nabi Muhammad SAW sukses dalam berbisnis? Jawabannya adalah karena Nabi Muhammad SAW berpegang teguh pada empat sifat di dalam menjalankan bisnisnya, yaitu Shidq (jujur), amanah (bertanggung jawab), Tabligh (komunikasi yang efektif), dan Fathanah (profesional, kreatif dan inovatif). Jika seorang muslim ingin menjadi entrepreneur yang sukses, maka harus meniru sifat-sifat nabi yang empat, yaitu:

Pertama, seorang pengusaha muslim harus shidq, yaitu jujur dalam perkataan dan tindakan. Jujur dalam berbisnis, apa yang diucapkan selalu benar dan sesuai dengan kenyataan. Memenuhi semua janjinya dan mempromosikan barang-barang dagangannya sesuai dengan fakta, dan memenuhi timbangan dengan sempurna, melunasi pembayaran kepada pemasok dan mitra bisnis sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Kedua, amanah, yaitu menjalankan bisnis sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan bertanggung jawab. Seorang pengusaha yang amanah yang melaksanakan tata cara bisnis sesuai dengan ketentuan Allah SAW, yang secara terperinci dibahas di dalam fiqih muamalah dan melaksanakan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, selalu memberikan pelayanan prima kepada pemasok, konsumen dan karyawan. Sehingga mitra kerja, baik pemasok karyawan maupun konsumen, merasa senang dan merasa puas, serta loyal terhadap perusahaan yang dia kembangkan.

Ketiga, tabligh, artinya menyampaikan amanah kepada orang lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dengan tidak menambah dan tidak mengurangi. Seorang pengusaha muslim mampu mengomunikasikan bisnisnya dan mempromosikan bisnisnya kepada konsumen dan pada khalayak umum dengan cara yang benar dan jujur, sehingga bisnis yang dikembangkan diketahui oleh masyarakat dan disukai sehingga mereka senang membelinya. Karena apa yang dipromosikan sesuai dengan kenyataan dan cara menyampaikan dan mempromosikannya kreatif dan inovatif, sehingga menarik konsumen.