alexametrics
32 C
Jember
Friday, 30 July 2021

CATEGORY:

Pascasarjana IAIN

Air Mampu Merespon Bahasa Manusia: Benarkah?

Air merupakan unsur terbesar yang menutupi permukaan bumi.  Lebih dari 70 persen dari hamparan bumi kita tertutup oleh air. Namun, tahukah Anda berapa banyak air di bumi ini? Sebagai salah satu sumber kehidupan, jumlah air di bumi diperkirakan mencapai 326 juta mil kubik  (1,332 miliar kilometer kubik) (Kompas.com. 15-11-2019).

Digitalisasi Sekolah untuk Kemerdekaan Belajar

Dunia pendididikan terus mengalami perubahan dan pergeseran seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang seolah tidak dapat dibendung. Pada era digital saat ini, semua sumber belajar dapat terkoneksi sehingga sangat memungkinkan pembelajaran pada kelas konvensional beralih menjadi kelas virtual.

Tantangan Besar UIN KHAS Jember

Perjalanan panjang, usaha keras, ikhtiar maksimal, dan keistiqamahan berproses dalam mewujudkan alih status dari IAIN Jember menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) akhirnya sampai pada tujuan. Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2021 tentang UIN KHAS Jember ditetapkan pada tanggal 11 Mei 2021 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.  Bersamaan dengan momentum peringatan Hari lahir Pancasila, 1 Juni 2021 lalu, tranformasi  IAIN Jember menjadi UIN KHAS Jember disambut dengan suka cita, rasa syukur yang mendalam. Bahwa, segala perjuangan yang telah dijalani bersama, telah berhasil kita raih. Kita telah mampu melewati pelbagai tantangan yang ada.

 Membidik Pendidikan Karakter Kepribadian dan Kinerja  

Beberapa waktu yang lalu kita telah merayakan hari Kebangitan Nasional (Harkitnas). Tepatnya pada tanggal 20 Mei 2021 dan menjadi momen bersejarah bagi rakyat Indonesia.

“Manajemen” Marketing Mix Pendidikan Pesantren

Perkembangan dunia pendidikan terus bergerak dinamis. Era digital ikut serta merta “merubah”  manajemen pengelolaan lembaga pendidikan. Tak terkecuali, lembaga pendidikan pondok pesantren juga  ikut “beradaptasi” dengan perkembangan globalisasi teknologi informasi. Penerimaan institusi pendidikan pesantren ini didukung dengan kaidah “al-muhafadhotu 'ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah”, yakni memelihara yang lama yang baik dan mengambil yang baru yang lebih baik dalam menerima hal-hal baru, seperti ilmu manajemen dan ilmu pengetahuan umum yang baru dan tidak bertentangan dengan prinsip pesantren.

Idul Fitri (masih) di Tengah Pandemi

Hari ini, 1 Syawal 1442 Hijriyah, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri.  Jamak diketahui bahwa momentum Idul Fitri sarat dengan tradisi sosial yang sudah mengakar kuat di kalangan masyarakat Indonesia.

Linguistik, Budaya, dan Industri Pariwisata Halal

Ajaran Islam telah menciptakan beberapa tradisi dan akulturasi budaya, keduanya tidak hanya melahirkan tatanan masyarakat dalam beribadah saja, akan tetapi keduanya juga berpengaruh terhadap perkembangan sendi kehidupan baik itu sosial, ekonomi  dan budaya.

Menguasai Bahasa Arab di Usia Dewasa

Syahru ramadhanalladzi unzila fi hil quraana hudan linnas. “ Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia “ (QS. Al Baqarah: 185). Saat ini, kita masih berada di bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, bulan diturunkannya al-Quran dari Baitul ‘Izzah ke langit dunia secara keseluruhan.

MENGGAPAI TINGKAT KETAQWAAN DI BULAN SUCI

Syukur alhamdulillah tahun ini Kita bisa bertemu kembali bulan suci ramadhan, bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rahmat bagi kaum muslimin di seluruh dunia, bahkan bulan rahmat bagi seluruh alam semesta karena di bulan itu diturunkan kitab suci Al-Qur`an yang menjadi petunjuk kehidupan bagi seluruh manusia.

Radikalisme Keagamaan, Pancasila dan Islam Nusantara Ala NU

Radikalisme keagamaan masih eksis dan menggurita di sekitar kita. Itulah kalimat yang cocok untuk kita katakan saat ini. Faham ini berkembang begitu masifnya  sehingga tatanan kebangsaan kita mulai diobrak abrik demi cita-cita dan tujuan yang diinginkan, yaitu berubahnya bentuk dan dasar negara menjadi Khilafah Islamiyah.

Berita Terbaru