Bebas Biaya Kuliah di Tiongkok – Thailand

STIE MANDALA FOR RADAR JEMBER GO INTERNASIONAL: Empat Mahasiswa STIE Mandala Jember Muhammad Arif Awaludin, Merta Amalia Triyady, Dea Aulita Rafiatus Sholiha, dan Agnestasya Putri menimba ilmu di Tiongkok.

TEGALBOTO – STIE Mandala Jember sebagai salah satu perguruan tinggi berprestasi di wilayah Jawa Timur memiliki berbagai program unggulan luar negeri sejak 2011. Hingga 2018 ini, STIE Mandala Jember telah memiliki kerja sama dengan berbagai negara. Di antaranya Thailand, Korea Selatan, Malaysia, Kamboja dan yang terbaru adalah Tiongkok.

IKLAN

Sebagai bentuk implementasi kerja sama yang terjalin, STIE Mandala Jember setiap tahun secara rutin mengirimkan mahasiswa dan dosennya untuk melakukan kegiatan bersama dalam bentuk student exchange, transfer credit, maupun joint research.

Menurut ketua STIE Mandala Jember Dra Agustin HP MM, peserta seleksi program Joint Degree ke Thailand dan Tiongkok mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Hal ini menunjukkan bahwa keseriusan mahasiswa untuk menimba ilmu sampai ke Tiongkok semakin tinggi,” kata Agustin.

Serta adanya dukungan dari orang tua mahasiswa, apalagi dengan adanya perkembangan teknologi informasi. Sehingga, setiap saat orang tua bisa memantau aktivitas putra-putrinya walaupun berada jauh di luar negeri. Hingga tahun ini, sudah ada 17 orang mahasiswa STIE Mandala Jember yang telah mendapatkan fasilitas bebas biaya pendidikan di Thailand dan Tiongkok.

Salah satu kegiatan yang menjadi unggulan adalah program double degree atau gelar ganda yang dilakukan bersama dengan Changzou Institute of Mechatronic Technology (CZIMT) Tiongkok. Melalui program ini, pada 2017 telah dikirim empat mahasiswa program Diploma Tiga (D3) Manajemen Perbankan dan Keuangan.

Mereka adalah Muhammad Arif Awaludin. Merta Amalia Triyady, Dea Aulita Rafiatus Sholiha, dan Agnestasya Putri. Mereka akan mengikuti program ini selama 3 (tiga) tahun. Untuk tahun pertama mereka akan mendalami bahasa Mandarin, dan dua tahun selanjutnya adalah perkuliahan. “Nantinya mereka akan memperoleh gelar D3 dari CZIMT dan gelar D3 dari STIE Mandala Jember,” imbuhnya.

Mahasiswa CZIMT tidak hanya berasal dari Tiongkok dan Indonesia saja, namun juga dari Bangladesh, Tajikistan, dan Laos. Selama berada di sana, mereka tidak hanya melakukan kegiatan di dalam kelas saja. Melainkan melakukan kegiatan yang diadakan kampus bagi mahasiswa internasional. Di antaranya adalah kegiatan Inagurasi November 2017, untuk mahasiswa asal Indonesia menampilkan drama musikal dengan judul Srikandi vs Cakil.

Penonton yang hadir mengapresiasi penampilan tersebut hingga dipercaya untuk mengisi kembali pada Annual Meeting of National Joint Conference of Vacational dan Technical College President. Kegiatan lain adalah Acara Kesenian Kebudayaan Tiongkok. Acara ini juga menandakan satu tahun pertama perkuliahan sudah akan berakhir. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa STIE Mandala Jember memeriahkan acara dengan melakukan pembacaan puisi, peragaan busana, dan menyanyi. Bahkan, mereka berhasil memenangkan Juara 1 untuk menyanyi, yaitu Agnestasya Putri, dan juara 3 untuk menari, Merta Amalia Triyady.

Pada Juli 2018 ini, STIE Mandala Jember juga mengirimkan lagi 6 mahasiswa S1 Program Studi Manajemen dan Akuntansi pada program joint degree di Rajamanggala University of Technology Tanyaburi (RMUTT), Thailand. Untuk mahasiswa program strata satu (S1) dan strata dua (S2) juga memiliki kesempatan yang sama, yaitu untuk melakukan kegiatan double degree dan joint degree ke luar negeri. (kl/aro/mgc/wah)

Acara penyambutan mhsiswa Indonesia di China

Reporter :

Fotografer :

Editor :