Ajak Cintai Budaya Nusantara

Pelajar PAUD Pede Ikut Karnaval

CINTA BUDAYA: Para pelajar PAUD se-Kecamatan Patrang tampak ceria mengikuti karnaval kemerdekaan di halaman Kantor Kecamatan Patrang

RADAR JEMBER.ID –  Para pelajar PAUD (pendidikan anak usia dini) se-Kecamatan Patrang tampil percaya diri dengan pakaian adat Nusantara. Mereka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, kemarin (28/8). Kegiatan itu diselenggarakan oleh Pusat Kerja Gugus (PKG) se-Kecamatan Patrang.

IKLAN

Para pelajar PAUD itu berkumpul sekaligus dilepas di halaman Kecamatan Patrang. Mereka  didampingi para guru. Baju adat Nusantara yang mereka kenakan mulai dari pakaian adat Jawa Timur, adat Minangkabau, Kebaya Jawa Tengah, Bali, dan pakaian adat Kalimantan Barat.

Karnaval kali ini memang mengambil tema keberagaman budaya di Nusantara dan bernuansa kemerdekaan Indonesia. Wajah-wajah semangat serta imut dari para peserta membuat karnaval lebih meriah.

Penilik PAUD dan TK se-Kecamatan Patrang Haryono mengapresiasi antusiasme lembaga PAUD serta TK yang berpartisipasi dalam karnaval tahun ini. “Dengan tema keberagaman budaya ini, mereka diharapkan bisa menanamkan jiwa nasionalisme serta rasa cinta tanah air untuk generasi muda yang ada di Jember ini sejak usia dini,” jelasnya.

Ketua PGRI Kecamatan Patrang Indra berharap, karnaval ini dapat terus dikembangkan. Sebab, itu juga sebagai bentuk upaya memperingati jasa pahlawan Indonesia dan menghargai banyaknya budaya yang ada di Indonesia. “Karnaval ini penting sebagai media menanamkan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak sejak usia dini,” imbuhnya.

Dengan edukasi adat serta budaya tersebut, para siswa-siswi PAUD dapat mengetahui baju apa yang mereka pakai. Selain itu, mereka juga tahu dari mana budaya itu berasal. “Semoga berlangsung setiap tahunnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi