Dua Asesor Visitasi Prodi TI Unmuh

Humas Unmuh for Radar Jember SANTAI: Dua asesor BAN PT berdialog dengan pimpinan Unmuh Jember sebelum visitasi dimulai.

RADARJEMBER.ID – Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember divisitasi oleh tim BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), Jakarta, Jumat (24/8). Tujuannya tak lain untuk meningkatkan status akreditasi prodi tersebut, dari semua hanya mendapat nilai C menjadi lebih baik.

IKLAN

Dua asesor yang memvisitasi Prodi TI Unmuh selama dua hari itu adalah Prof Dr Muhammad Zarlis MSc (Universitas Sumatra Utara), dan R. Teduh Dirgahayu ST MS, PhD (Universitas Islam Indonesia), Jogjakarta. Mereka melakukan konfirmasi atas borang yang telah dikirimkan sebelumnya, apa sudah sesuai dengan isinya, atau malah lebih baik maupun sebaliknya. “Jadi, kami hanya sekadar mencocokkan isi boring dengan kenyataan di lapangan,” kata Prof Dr  Muhammad Zarlis, MSc, ketua tim visitasi.

Rektor Unmuh Jember Dr Ir M. Hazmi DESS, menyambut baik visitasi yang dilakukan dua asesor tersebut. Tentu saja, kata Hazmi, kedatangan dua asesor tersebut diharapkan mampu meningkatkan nilai akreditasi prodi TI kampusnya, sesuai kenyataan di lapangan. “Kami sudah berusaha maksimal untuk mengisi borang sesuai kenyataan,” ujar Hazmi.

Menurut Asesor Prof Dr Muhammad Zarlis MSc, tujuan visitasi tersebut untuk melakukan konfirmasi kesesuaian dokumen yang dimiliki oleh program studi, dengan yang tertera dalam borang. Dia berharap Prodi Teknik Informatika akan mendapat nilai terbaik sesuai kenyataan di lapangan.

Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jember sendiri berdiri sejak 19 Mei 2008, dengan Nomor SK pendirian:  1640/D/T/2008, berakreditasi yang cukup baik. Menurut Yeni Dwi Rahayu MKom, kaprodi TI, sesuai dengan visinya menjadi program studi unggul di bidang komputasi cerdas, yang berdaya saing di Indonesia, bernapaskan nilai-nilai keislaman pada tahun 2030.  Teknik informatika, kata dia, ingin terus memberikan kontribusi nilai yang lebih baik. “Dengan demikian adanya visitasi akreditasi ini bisa memberikan hasil yang sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Dikatakan, tujuannya Prodi Teknik informatika ingin menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bidang komputasi cerdas, menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat bidang komputasi cerdas, serta menghasilkan kerja sama di tingkat regional, nasional, dan internasional. “Juga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkepribadian Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” jelasnya.

Kata Yeni, prodi Teknik Informatika Unmuh Jember, juga akan menemukan pengalaman belajar yang tidak hanya fokus ke ilmu pengetahuan, melainkan juga pelaksanaan nilai-nilai keislaman untuk membentuk karakter yang religius, profesional, dan kompetitif. “Juga dukungan fasilitas belajar yang mendukung dan kondusif untuk mengembangkan potensi diri,” pungkasnya.

Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :