Universitas Terbuka Jember: Kerjasama Mantap Mahasiswa Baru Lampaui Target

FOTO-FOTO: UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER FOR RADAR JEMBER PERLUAS KERJA SAMA: Mohammad Imam Farisi, Direktur UT-Jember tanda tangan MoU bersama Kapolres Bondowoso AKBP Taufik Herdiansyah Z SH SIK.

RADARJEMBER.ID – Kehadiran UT laksana pelepas dahaga di tengah teriknya panas gunung pasir persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi. Betapa tidak, konsep keterbukaan dan fleksibilitas yang diusung oleh UT menafikan keniscayaan atas kontestasi dan seleksi. Siapapun, yang penting mereka lulus SLTA atau sederajat “boleh dan terbuka” masuk menjadi mahasiswa UT. Dengan konsep itu pula diharapkan Angka Partisipasi Kasar PT secara nasional yang hanya 31.5% bisa ditingkatkan.

IKLAN

Menristekdikti sangat berharap UT mampu merekrut mahasiswa hingga mencapai 1 (satu) juta orang. Untuk itu, berbagai ikhtiar dilakukan oleh UT-Pusat maupun 39 UT-Regional dan Layanan Mahasiswa Luar Negeri (LMLN). UT-Jember berikhtiar dengan menjalin kerjasama dengan sejumlah instansi/lembaga di 7 (tujuh) wilayah kabupaten/kota tapal kuda, Jember, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Pada tahun 2018, UT-Jember telah menjalin kerjasama dan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan sejumlah instansi/lembaga di daerah, yaitu perpustakaan, kepolisian, perguruan tinggi negeri setempat, kemenag, organisasi, perusahaan, dan lain-lain. Disamping kerjasama yang sudah terjalin kuat dengan Kelompok-kelompok Belajar Mahasiswa (pokjar) yang dibentuk oleh UT-Jember yang berjumlah 28 pokjar.

Pada semester 2018/19.1 (2018.2) ini, jumlah mahasiswa baru UT-Jember mencapai 2.411 orang, dan lebih dari 90% berusia muda (18-25 tahun). Mereka entitas dari generasi millennial, sebuah generasi yang sangat familiar dengan teknologi digital internet (gadget). Bahkan, mereka bisa berjam-jam menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial maupun media yang lain. Mereka juga sudah meninggalkan pola-pola konvensional dan beralih ke jenis e-book atau bacaan digital yang bisa diakses hanya dengan sentuhan tangan pada gadget mereka. Capaian mahasiswa baru tersebut melampaui target yang ditetapkan oleh UT-Pusat sebesar sebanyak 1.700 orang, sekaligus merupakan capaian tertinggi selama 3 tahun terakhir.

Sukses UT-Jember meningkatkan angka partisipasi mahasiswa baru ini tidak terlepas dari soliditas dukungan dari seluruh mitra kerja UT-Jember. Selain itu, juga karena komitmen dan kerja keras dari seluruh pegawai UT-Jember dalam melakukan edukasi, sosialisasi-promosi kepada publik.

Mereka para mitra kerja itu secara sinergis telah mampu mengedukasi dan membangun citra positif tentang UT, sehingga kepercayaan publik terhadap UT sebagai satu-satunya perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) di Indonesia pun meningkat. Kerjasama ini pula yang memungkinkan UT secara bertahap mampu mewujudkan misinya “menjadikan pendidikan tinggi terbuka bagi semua” dan “menjangkau yang tak terjangkau” hingga ke pelosok wilayah. Sebuah misi yang sulit, bahkan tak mungkin dijangkau dan ditunaikan oleh perguruan tinggi manapun.

Reporter :

Fotografer :

Editor :