STIE Widya Gama  Lumajang Buka   Kelas Internasional

Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE.MM (kiri)  bersama dengan Deputy Director  Rajamangala University of Technology Krung Thep International College, Thailand Prattana Srisuk, P.hD (kanan).

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Ada oIeh oleh sangat positif bagi STIE Widya Gama Lumajang dalam Visiting Profesor di Rajamangala University of Technology Krung Thep International College, Thailand pekan kemarin.  Yaitu, peluang untuk membuka kelas internasional (International College) dengan melibatkan mahasiswa  dari berbagai negara dengan perkuliahan berlangsung di kampus STIE Widya Gama Lumajang. Visiting sendiri merupakan salah satu implementasi dari nota kerja sama yang sudah ditandatangani sebelumnya.   Dalam lawatan ini,  dari STIE Widya Gama Lumajang ada lima orang. Masing-masing,  dari jajaran rektorat dan YPPS (Yayasan Pembina Pendidikan Semeru).

Rombongan dari STIE Widya Gama Lumajang (1-5 kiri) didampingi dua mahasiswa STIE Widya Gama yang mengikuti Student Exchange (6-7 dari kiri) didampingi jajaran Rajamangala University of Technology Krung Thep International College
IKLAN

Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Ratna Wijayanti Daniar Paramita SE.MM  mengungkapkan  pihaknya memperoleh apresiasi tersendiri selama melakukan kunjungan  ke di Rajamangala University of Technology Krung Thep di Thailand. ‘’ Pihak Rajamangala University memberikan kesempatan yang luas kepada STIE Widya Gama Lumajang untuk turut berkiprah ke  kancah global,’’  jelasnya. Salah satunya, adalah dorongan untuk membuka  International College (kelas Internasional). ‘’ Ini   yang mesti segera ditindaklanjuti oleh  STIE Widya Gama Lumajang,’’ tegasnya serius.

Lebih lanjut  mahasiswa program Doktor   Universitas Jember ini mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai piranti  untuk persiapan International College ini. ‘’ Semua persyaratan segera dipenuhi, termasuk  bagian yang menangani hubungan internasional,’’ tambahnya.  Tentu saja, juga di dalamnya  sarana prasarana pendukung lainnya. ‘’ Baik fisik maupun non fisik  mulai  langsung disiapkan,’’  tandas  Bu Ratna, panggilan akrabnya.

Selanjutnya,  lanjut Ratna  Wijayanti Daniar  Paramita, pihaknya akan    mengundang berbagai  perguruan tinggi yang ada di kawasan ASEAN khususnya. ‘’ Untuk mengirimkan mahasiswanya mengikuti  Kelas Internasional ini,’’ tambahnya. Beberapa negara    direncanakan  akan diundang untuk mengikuti kelas ini, antara lain  Malaysia, Brunai Darussalam, Thailand dan Timor Leste.

Untuk  tingkat global lainnya, STIE Widya Gama Lumajang juga  telah menyiapkan program seat in  dengan mengirimkan mahasiswa ke Thailand. ‘’ Mereka  akan merasakan kuliah di Rajamangala University  selama satu bulan,’’ ungkapnya. Sehingga nantinya, diharapkan akan banyak mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang  yang mengikuti  kuliah di luar negeri di student exchange yang sudah  terealisir. ‘’ Untuk student exchange  sendiri  saat ini sudah ada dua mahasiswa STIE Widya Gama  Lumajang yang kuliah satu semester di Thailand,’’  imbuhnya.

Capaian positif bagi STIE Widya Gama Lumajang, khususnya  akan dibukanya Kelas Internasional ini, menurut Ratna Wijayanti Daniar Paramita ini sebelum hasil dari  Visiting Profesor yang dilakukan di Rajamangala University of Technology Krung Thep International College.  ‘’ STIE Widya Gama Lumajang melakukan observasi selama 3 jam pada masing-masing mata kuliah,’’ paparnya. Selama observasi tersebut ada  dosen berbagai negara yang memberikan kuliah pada kelas internasional. Masing-masing,  mata kuliah Personality Development oleh Dosen Mrs Jirangrag (Thailand) dan English Busines dengan Dosen Mr Ada Maria dari Philipina.

Sekretaris YPPS (Yayasan Pembina Pendidikan Semeru) Kasno T Kasim, SE.MM mengungkapkan apresiasinya  terhadap  langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh jajaran rektorat STIE Widya Gama Lumajang. ‘’ Ini semakin menunjukkan  keberadaan STIE Widya Gama sudah sejajar dengan  perguruan tinggi  lain di luar Lumajang,’’ katanya bangga.  Untuk itu ke depannya  diharapkan menjadi lebih baik lagi. Seraya menambahkan, pihaknya dalam hal ini YPPS   tetap berkomitmen untuk  terus men-support STIE Widya  Gama Lumajang. ‘’ Selama untuk kemajuan kampus, tentu  wajib hukumnya untuk mendukung sepenuhnya,’’ tegas Kasno T Kasim. Termasuk YPPS  membuka kesempatan untuk Dosen STIE Widya Gama  yang akan studi lanjut S3 di Rajamangala University of Technology Krung Thep International College, Thailand.

Sementara   itu, Pembina YPPS, Mochammad Taufiq, SH.MH yang turut  ke Thailand ini mengatakan pada dasarnya STIE Widya Gama Lumajang sudah mampu untuk bersaing dengan kampus-kampus lainnya. Salah satu indikasikasinya, mampu menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi  di luar negeri.  ‘’ Termasuk  untuk merealisasikan  Kelas  Internasional dalam waktu dekat ini,’’ katanya serius. Ini dilandasi  keberadaan SDM maupun sarana  pendukung lain yang sudah mumpuni.

Reporter :

Fotografer :

Editor :