Napak Tilas HMI Cabang Pojok Johar Plaza dengan Jalan Sehat 

NARTO/RADAR JEMBER DI DEPAN JOHAR PLAZA: Alumni HMI komponen Pojok Pasar Johar sedang berfoto di depan eks Kantor HMI Cabang Jember yang kini sudah menjadi Johar Plaza.

RADARJEMBER.ID –  Pondok Pesantren Tahfidz Alquran yang diberi nama Jember Islamic Institute (JII) diluncurkan oleh Majelis Nasional (MN) Korps Alumni HMI di Gedung Yabina, Sabtu sore. Peluncuran dilakukan oleh Presidium MN KAHMI Prof Dr Siti Zuhro yang juga alumnus FISIP Universitas Jember (Unej).

IKLAN

Alumni komponen Pasar Johar (Cabang HMI di di lantai II Pasar Johar) ikut menyaksikan peluncuran Ponpes Jember Institute yang dipusatkan di Gedung Yabina. Bahkan, pendiri Ponpes Tanfidz Alquran di Semarang Monash Institute Dr. Mohammad Nasih juga hadir untuk memberikan bekal kepada pengelola dan puluhan santri yang mulai beraktivitas di Gedung Yabina.

Pada malam harinya, digelar temu kangen komponen alumni HMI Pojok Pasar Johar di Gedung Yabina.  Selanjutnya, pada minggu (26/8) pagi dilanjutkan napak tilas ke kantor HMI Cabang pasar Johar dengan Jalan Sehat. Yaitu jalan sehat bersama KAHMI Forefer Jalan Sehat (KFJS) Jember. Jalan sehat dilepas oleh Prof Dr Siti Zuhroh didampingi sejumlah tokoh KAHMI. Termasuk mantan Sekda Lumajang Fatah Ismail. Ada juga mantan bupati dan sejumlah anggota KAHMI dan kader HMI yang ikut jalan sehat.

Puluhan komponen HMI Pasar Johar ikut jalan sehat. Termasuk tiga mantan ketua umum HMI Cabang Jember selama berkantor di Pasar Johar. Yaitu Imam Suharjo, Najib Hani, dan Hadi AR.  Mereka tampak begitu antusias bertemu sesama aktivis mahasiswa sekitar tahun 1970-an. Apalagi, saat itu HMI masih dalam proses berjuang. Baru ada sekitar tujuh komisariat yang tergabung dalam HMI Cabang Jember. Antara lain HMI komisariat Hukum, Pertanian, FISIP, Ekonomi, FKIP, Sastra, Sunan Ampel.

Bahkan Imam Suharjo mantan ketua umum HMI cabang Jember begitu terharu bertemu dengan para koleganya. “Saya menangis kalau teringat teman-teman. Sudah banyak teman-teman yang sudah mendahului sang Khalik. Tetapi masih banyak juga yang masih bisa bertemu hari ini (kemarin, Red),” kata Imam Suharjo.

Puluhan aktivis yang usianya sudah di atas 50 tahun itu tampak antusias untuk jalan sehat. Mereka start dari Alun-Alun Jember kemudian menyusuri Jl Sultan Agung yang dilanjutkan ke Jl Samanhudi, terus ke Jl Untung Suropati dan berhenti cukup lama di depan Johar Plaza. Johar Plaza dulunya Pasar Johar yang dilantai duanya berdiri kantor HMI Cabang Jember.

Imam Suharjo dan Najib Hani nostalgia dengan berfoto dan bercerita tentang sejarah HMI Cabang Pasar Johar. “Di lantai dua gedung ini (Johar Plaza, Red) dulu kantor HMI Cabang Jember berdiri. Saya harap adik-adik meneruskan perjuangan kami untuk terus membesarkan HMI,” ujar  Najib Hani dengan berkaca-kaca. (kr/c1/aro)

Reporter :Narto
Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji
Fotografer:Narto

Reporter :

Fotografer :

Editor :