Usulan Nama IAIN Jember Jadi UIN KH Achmad Shiddiq

Gus Aab: Penyematan Nama Itu Sangat Pas

RADARJEMBER.ID – KH Abdullah Syamsul Arifin atau yang akrab disapa Gus Aab mengapresiasi usulan nama IAIN Jember menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Shiddiq. Baginya, KH Achmad Shiddiq sudah menjadi tokoh nasional. Karena beliau juga pernah menjabat Rais Aam Syuriah PBNU.

IKLAN

“Apalagi sekarang nama beliau sedang diajukan menjadi pahlawan nasional,” tutur pria yang menjadi ketua PCNU Jember ini.

Menurut Gus Aab, nama KH Achmad Shiddiq sudah menjadi pilihan utama yang bisa diajukan. Karena, nama-nama wali songo sudah terpakai semua di universitas lainnya. “Realitasnya, KH Achmad Shiddiq termasuk salah satu tokoh yang memprakarsai berdirinya IAIN Jember bersama ulama-ulama lainnya,” imbuhnya.

Dia menambahkan, yang jelas penyematan nama itu harus ada persetujuan dari keluarga besar. Juga mempertimbangkan masukan beberapa ahli waris dari para tokoh yang terlibat mendirikan IAIN Jember dahulu.

“Paling tidak mereka dimintai urun saran pandangannya saja. Sebagai apresiasi penggunaan nama dari salah satu para pendiri.,” tutur Gus Aab.

Umumnya ketika kampus itu berubah menjadi UIN itu, ada nama yang digunakan. Seperti UIN Sunan Ampel (Surabaya) maupun UIN Wali Songo (Semarang), dan nama-nama yang dipilih itu umumnya diambil dari tokoh-tokoh sentral masing-masing daerah. Jadi yang di Jawa timur ini seperti Maulana Malik Ibrahim sudah digunakan UIN di Malang, dan Surabaya ada Sunan Ampel. “Kalau dari ketokohan, KH Achmad Shiddiq sudah sangat pas,” pungkasnya. (hdi)

Reporter :

Fotografer :

Editor :