Bekali Guru dengan Pendekatan Efektif

TERUS BELAJAR: Meski menyandang status guru, namun tenaga pengajar di SMP Al-Ikhlash Lumajang masih terus belajar. Ini untuk meng-upgrade pengetahuan dan kemampuan para guru di sekolah setempat.

JOGOYUDAN.RADARJEMBER.ID- Peran guru dalam mencetak siswa yang unggul dan mampu bersaing di masa depan menjadi pekerjaan rumah bersama. Terutama metode pembelajaran efektif yang mampu merangsang siswa agar tidak sekedar hafal. Namun dapat menjelaskan ulang dengan tajam.

IKLAN

Pada Kurikulum-13 (K-13), karakter siswa seperti itulah yang diharapkan. Sebab, tidak bisa dipungkiri zaman terus berkembang bersama segudang persoalan yang makin kompleks. “Untuk itu pengetahuan juga harus mengalami perubahan supaya bisa memberikan solusi,” ujar Teguh Hidayat Kepala SMP Al-Ikhlash Lumajang.

Guru harus dibekali berbagai pendekatan dalam pembentukan karakter siswa. Agar siswa tersebut mampu berfikir kritis, analistis serta solutif. “Guru harus sadar jika dirinya adalah panutan. Setiap tindakan guru bakal ditiru oleh seluruh muridnya,” tambahnya.

Minimal para guru bisa memunculkan kesadaran siswanya, mengenai makna sebuah sekolah dan seorang guru secara luas. Di tempat manapun dia menginjakkan kaki, mereka harus merasakan bahwa sedang sekolah. “Begitu juga dengan siapapun yang berada di sekitar lingkungannya, mereka harus sadar jika itu adalah guru,” tambahnya.

Sehingga suasana pembelajaran bisa dilaksanakan dimana pun dan dengan siapa pun. Model-model tersebut bakal meningkatkan ketajaman siswa dalam menganalisa serta memberikan solusi yang jitu. “Sesuai dengan prinsip yang dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Atieqson Mar Iqbal

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Hafid Asnan