Sekuriti dan Laboran Polije Dilatih Skill Penanggulangan Kebakaran

DIKLAT TANGGAP DARURAT: Sekuriti dan staf lain mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran, di Polije.

RADARJEMBER.ID -Bekali tata cara penanganan kebakaran, puluhan satpam, petugas lab, dan petugas parkir Polije ikuti pelatihan penanganan kebakaran, Minggu (21/7/2019).

IKLAN

Kegiatan itu merupakan bentuk pengetahuan agar mengetahui langkah awal saat sedang terjadi kebakaran di sekitar kampus. Pelatihan tersebut menggandeng petugas Damkar Jember.

Humas Polije, Mahsus Nurmanto menjelaskan, pelatihan ini sangat penting. Terlebih lingkungan kampus banyak terdapat barang-barang yang mudah kebakar.

Para petugas diharapkan dapat mengambil penanganan saat terjadi kebakaran. Pelatihan ini sebagai bentuk kewaspadaan.

Di Polije sendiri sangat jarang atau bahkan hampir tidak pernah terjadi kebakaran. “Jika ada kejadian di salah satu gedung mereka bisa langsung sigap,” paparnya.

Selain materi mereka diajarkan praktek langsung penanganan kebakaran. Beberapa hal yang disampaikan, mulai upaya pelaksanaan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api, tata cara mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penanganannya.

Juga Mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran, dan mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran khususnya Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Pelatihan sendiri dibuka dua sesi. Satu sesi diikuti sekitar 50 peserta. Dalam pelatihan ini, peserta melakukan praktek langsung penanganan kebakaran.

Dalam skenario pelatihan ini, peserta juga diberi tahu cara penanganan kebakaran dengan banda-benda sederhana yang mudah didapat, seperti halnya karung atau kain yang dibasahi.

“Tujuan dari simulasi ini untuk memgajarkan kesiapan apabila terjadi bencana, seperti kebakaran,” kata Mahsus.

Pihaknya akan mengagendakan simulasi untuk menjaga keamanan kampus dan keterampilan dan kesiap-siagaan kita selalu terasah. “Ini demi keselamatan dan keamanan kampus.

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono