Jalan menuju PPDB Jalur Prestasi

SERIUS: Suasana peserta dalam ajang Olimpiade Ilmu Pengetahuan Alam yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru IPA SMP Kabupaten Jember.

PATRANG.RADARJEMBER.ID– Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 menerangkan bahwa terdapat tambahan kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi. Dari yang awalnya hanya 5 persen, kini berubah menjadi 30 persen. Karena itu, sejumlah sekolah dan praktisi pendidikan berlomba-lomba mengadakan beragam kegiatan yang menambah kesempatan bagi siswa untuk meraih prestasi. Salah satunya adalah Olimpiade Ilmu Pengetahuan Alam (Olipa) 2020, yang diikuti 579 siswa SMP/MTs Dari 30 lembaga, dan digelar oleh Komunitas Guru IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Jember.

IKLAN

Drs Erwan Salus Prijono MPd, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Jember, mengapresiasi lomba tersebut karena sesuai dengan Permendikbud yang terbaru terkait PPDB. Kegiatan semacam ini akan menambah kesempatan bagi siswa untuk meraih prestasi.

Semakin banyak kegiatan yang dilakukan melalui MKKS, MGMP atau komunitas guru dengan rekomendasi Dinas Pendidikan, lanjut dia, dapat mewadahi prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Tak hanya di mata pelajaran IPA, tetapi pada bidang studi lain. “Karena bakat dan minat setiap anak berbeda-beda,” ujarnya.

Sementara itu, Tulus Wijayanto Spd, ketua panitia lomba, mengatakan, tujuan dari lomba Olipa ini untuk memberikan wadah bagi siswa-siswi untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang IPA. “Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk berkompetisi dan berprestasi di bidang akademik khususnya IPA,” ujar Tulus.

Apalagi ke depan gelaran ini tidak hanya diikuti oleh pelajar SMP, tetapi juga pelajar SD dan MI. Pelaksanaan Olipa Jenjang SD/MI akan dilaksanakan pada 1 Maret 2020 mendatang. Jika berkaca pada tahun kemarin, peserta OLIPA SD/MI bisa mencapai lebih dari 500 peserta. “Kegiatan OLIPA yang dilaksanakan oleh komunitas Guru IPA Dinas Pendidikan ini menjadi contoh untuk kegiatan lomba bidang lain,” pungkas Tulus. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti