Tiga Kandidat Bersaing Jadi Rektor UM

SIDANG SENAT: Sesi penyampaian visi-misi oleh sejumlah kandidat calon rektor Unmuh Jember Periode 2019-2023 di Gedung A Lantai II Unmuh

RADAR JEMBER.ID – Pemilihan calon rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Jember memasuki babak baru. Setelah jajaran senat menggelar sidang di Gedung A lantai II kemarin (21/8), ada tiga kandidat utama yang ditetapkan untuk bersaing menjadi rektor.

IKLAN

Dari total 27 senat Unmuh Jember, suara terbanyak didapatkan oleh Hanafi, yakni 15 suara. Sementara itu, Muhammad Hazmi memperoleh 11 suara, dan Emy Kholifah 1 suara. Satu kandidat lainnya, Nurul Qomariah, tidak mengantongi suara dan dinyatakan gugur dalam pencalonan.

Sekretaris panitia pemilihan rektor, Sofyan Rofi mengatakan, ada dua agenda dalam sidang tersebut. Tahap pertama rapat senat terbuka yang dihadiri oleh senat, pimpinan, dekanat, kaprodi, dan perwakilan mahasiswa. Tujuannya penyampaian visi misi calon rektor.

Pada tahap kedua di hari yang sama, jajaran senat menggelar rapat tertutup untuk menentukan tiga besar dari empat calon kandidat rektor yang tersedia. Hal itu sesuai dengan Peraturan Unmuh Jember Nomor 1 Tahun 2015 Pasal 22,23,24, dan 25 tentang Pemilihan Rektor.

“Tahapan selanjutnya adalah pengumpulan berkas kepada PP Muhammadiyah untuk ditetapkan sebagai rektor terpilih periode 2019-2023,” jelasnya.

Menurut dia, pengiriman berkas ketiga calon ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menyertakan pertimbangan dari jajaran Senat Unmuh Jember. “Suara terbanyak itu yang akan menjadi pertimbangan calon rektor terpilih. Mereka akan diuji dulu dengan berbagai kompetensi oleh majelis pusat,” imbuhnya.

Senat akan mengirimkan berkas penetapan tersebut ke PP Muhammadiyah pada Jumat besok. “Siapa pun nanti yang terpilih dan ditetapkan, kita berharap bisa mendorong kampus ini lebih berkemajuan sesuai dengan visi misi kampus,” pungkasnya. (*)

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Bagus Supriadi