Mengenal Bocah SD yang Langganan Juara Matematika

Semakin Tertantang Melihat Soal Sulit Usia Kalyca Khansa Hermawan terbilang belia. Namun, di kancah pendidikan seangkatannya, dia banyak menjuarai perlombaan tingkat provinsi. Inilah kisah siswi yang selalu berusaha belajar dan mengasah kemampuannya.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – MATA pelajaran matematika biasanya jarang digemari siswa. Namun, ada Kalyca Khansa Hermawan yang menepis pernyataan tersebut. Gadis asal Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, itu suka dengan pelajaran tersebut hingga mengikuti banyak lomba dan banyak menyabet juara.

Tips Agar Anak Remaja Terbuka Kepada Orangtua

Saat ini, Kalyca duduk di bangku 5 SD. Sejak kecil dirinya menyukai pelajaran matematika. Padahal pelajaran matematika terbilang tidak mudah untuk anak SD. “Ada beberapa lomba yang pernah saya ikuti. Namun, tidak semuanya menang. Itu menjadikan motivasi bagi saya untuk terus mengasah kemampuan,” ujarnya.

Kalyca menerangkan, meskipun sering mengikuti perlombaan, tetapi tugas-tugasnya di sekolah tetap dikerjakan. Dia menyebut, ada cara membagi waktu. Biasanya, setelah pulang sekolah dia istirahat terlebih dahulu. Sesekali main game agar tidak jenuh. Dia selanjutnya mandi, salat, dan mengaji. “Saya les di salah satu bimbingan belajar. Tak lupa mengerjakan tugas sekolah serta nyicil latihan soal untuk mengikuti lomba,” ujarnya.

Awalnya, dia mengikuti lomba sekadar coba-coba. Lama-kelamaan dirinya suka dengan pelajaran matematika. “Ada sekitar empat lomba yang mendapat juara dan piagam,” ujarnya. Di antaranya juara 2 lomba matematika tingkat Provinsi Jatim tahun 2018. Tahun 2019 dapat medali di Surabaya. Tahun 2020 juara 2 saat dirinya kelas 3 SD. Sementara di tahun 2021, dirinya ikut lomba online dan meraih juara 3.