Siswa Baru di Sekolah Dasar Masih Minta Didampingi

Jumai/Radar Jember OGAH DITINGGAL: Seorang siswa baru harus didampingi ibunya, karena di awal masuk SD kemarin, mereka masih canggung dengan rekan-rekan sekelasnya.

BANGSALSARI – Meski sudah memasuki hari ketiga, banyak siswa baru yang ogah ditinggal keluarganya. Pemandangan ini tidak hanya terjadi di perkotaan saja, tetapi juga dialami di sekolah pinggiran. Seperti di SDN Badean 01, Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari.

IKLAN

Ruang kelas 1 yang seharusnya hanya ditempati untuk siswa, kini malah terlihat ibu yang duduk di samping anaknya. Pemandangan ini sudah berjalan selama tiga hari sejak hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru.

Terlihat, ada beberapa ibu dan nenek yang terpaksa duduk di samping anak dan cucunya. Ternyata, banyaknya ibu yang ikut masuk ke ruang kelas ini karena sang murid tidak mau ditinggal sendirian.

Padahal, di dalam kelas sudah jelas-jelas banyak temannya yang juga baru masuk. “Sehingga, ruang kelas yang seharusnya hanya untuk siswa, juga ditempati ibunya sambil mengajari cara menulis,” ujar Bahariyanto, Kepala SDN Badean 01.

Menurutnya, kalau ditinggal keluar, murid langsung ikut keluar. Ada yang langsung menangis. Sehingga, selama tiga hari ini, ibu dan neneknya terpaksa berada di dalam kelas. Memang banyak yang sudah mandiri, tetapi setelah melihat ada temannya yang ditemani ibunya, tetap tidak terpengaruh.

”Biasa. Ini kan masih baru beberapa hari masuk sekolah. Kalau sudah seminggu atau sebulan, mereka akan malu pada temannya yang duduk sendiri tanpa ditemani ibunya,” pungkas Bahar. (jum/c2/hdi)

Reporter :

Fotografer :

Editor :