UIN Suka Jadi Pemenang Lomba Peradilan Semu

Martoyo for Radar Jember  LOMBA ANTAR MAHASISWA SYARIAH: Sebanyak 11 peserta dari berbagai kampus PTKIN, ikut lomba lomba peradilan semu tingkat nasional di IAIN Jember, kemarin.

RADARJEMBER.ID – UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil mengalahkan tuan rumah dalam Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional yang berlangsung di IAIN Jember. Juara dua diraih oleh IAIN Ponorogo dan juara tiga IAIN Metro.

IKLAN

Lomba antarmahasiswa Fakultas Syariah ini diikuti oleh 11 peserta dari berbagai kampus PTKIN. Di kategori lain, IAIN Purkowerto meraih majelis hakim terbaik dan jaksa penuntut umum terbaik.

Kemudian, advokat terbaik diraih oleh IAIN Tulungagung, penggugat terbaik diraih oleh IAIN Surakarta, Tergugat terbaik diraih oleh IAIN Pekalongan, saksi terbaik justru diperoleh oleh UIN Sunan Ampel Surabaya. Kemudian, terdakwa terbaik diraih oleh UIN Raden Fatah Palembang.

Saat penutupan, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Prof Babun Suharto menjelaskan, kompetisi yang diselenggarakan itu untuk mengasah keilmuan dan keahlian hukum para mahasiswa fakultas syariah.

“Mahasiswa fakultas syariah PTKIN memiliki kedudukan yang sama dengan mahasiswa fakultas hukum pada perguruan tinggi umum lainnya,” ucap Babun. Saat ini, gelar alumni fakultas syariah PTKIN adalah sarjana hukum (SH), sama dengan fakultas hukum lainnya.

Menurut dia, kompetisi peradilan semu itu momentum aktualisasi mahasiswa fakultas syariah sebagai calon praktisi hukum yang memiliki kemampuan akademis dan kemahiran hukum yang kompetitif. Mereka diharapkan menjadi ujung tombak dari cita-cita negara hukum Indonesia.

“Kompetisi ini menjadi penting sebagai tangga awal untuk melatih kemampuan akademis yang diperoleh dari bangku kuliah, kemudian dituangkan ke dalam praktik peradilan,” jelasnya.

Kompetisi itu diharapkan bisa dilaksanakan secara nasional pada gelaran-gelaran besar ajang aktualisasi mahasiswa yang digelar oleh Kementerian Agama. Seperti kegiatan pekan ilmiah, olahraga, seni, dan riset (PIONIR) tingkat nasional.

Martoyo, ketua panitia kegiatan itu menambahkan, kompetisi ini digelar dalam rangka pengembangan fakultas syariah. Oleh karena itu, dia berharap terbentuknya konsorsium Peradilan Semu Fakultas Syariah PTKIN se-Indonesia.

Reporter : Bagus Supriadi
Editor : Hadi Sumarsono
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :