Dalam Ajang Disporseni UT di Jakarta Duta-duta UT-Jember Siap Berlaga dan Meraih Prestasi 

RADARJEMBER.ID – Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi yang menerapkan sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). Salah satu konsekuensinya adalah bahwa mahasiswa UT hampir tidak pernah berjumpa secara fisik dengan sesama mahasiswa UT lainnya. Mereka mungkin pernah berjumpa di media-media sosial atau media media online lainnya, dan saat ujian akhir semester, tetapi berjumpa secara fisik antarmahasiswa memang merupakan hal yang jarang terjadi.

IKLAN

Oleh karenanya, untuk berjumpa secara fisik antar sesama mahasiswa dari daerah lainnya, merupakan kesempatan yang jarang dan juga sebenarnya secara tidak disadari menjadi kebutuhan bagi mereka. Itulah salah satu karakteristik kehidupan mahasiswa UT yang menerapkan sistem PTJJ, tak terkecuali mahasiswa Universitas Terbuka Jember (UT-Jember).

Kegiatan Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, dan Seni Universitas Terbuka (Disporseni UT) adalah salah satu ajang pertemuan antarmahasiswa secara fisik dan juga sekaligus sebagai ajang unjuk gelar bakat dan minat bagi setiap mahasiswa UT yang tersebar di 39 UT-Wilayah di Indonesia. Termasuk mahasiswa di wilayah UT-Jember. Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah Mempererat Persaudaraan Untuk Sukses Bersama.”

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, UT-Jember menyelenggarakan Disporseni se-Wilayah UT-Jember untuk menyeleksi calon-calon peserta yang akan berlaga di tingkat Disporseni UT-Pusat. Seleksi diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari kelompok-kelompok belajar (pokjar) dari Jember, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, dan Situbondo. Lomba dilaksanakan tanggal 12 dan 13 September 2018 dengan mempertandingkan tujuh cabang lomba yaitu debat, inovasi teknologi informasi, bulu tangkis, tenis meja, catur, nyanyi dan tari. Lomba dipusatkan di kantor UT-Jember dan GOR Argopuro Jember.

Penyelenggaraan Disporseni UT-Jember selain dimaksudkan sebagai ajang pertemuan antarmahasiswa secara fisik unjuk gelar bakat dan minat bagi setiap mahasiswa UT, kegiatan ini juga memiliki sejumlah tujuan. Pertama, mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedua, membangun dan membina komunikasi antar mahasiswa UT sehingga dapat menimbulkan kedekatan, kesetiaan, dan kebanggaan terhadap almamaternya. Ketiga, meningkatkan penyebaran informasi dan promosi tentang UT, bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Keempat, meningkatkan pemahaman wawasan lintas budaya dan kecintaan terhadap kesatuan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Dari seluruh cabang lomba yang dipertandingkan, akhirnya terpilih 13 orang yang akan mewakili UT-Jember dalam ajang Disporseni di tingkat UT-Pusat yang akan dilaksanakan di Kampus UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten pada tanggal 25-29 September 2018. Ketigabelas orang tersebut adalah: Rizky Rochmatul Laily, Achmad Danial, & Luluk Mujiati (Debat Ilmiah); Saskia Nabilah & Deary Noviantoro (Tenis Meja); Mahrus Ali Huda & Sukma Fibi Angga Permada (Bulu Tangkis); Marco Febrian & Jejak Istiqomah (Nyanyi); Fernando Rian Rediansah & Septiya Tri Utami (Tari); M. Mansur (Catur); dan Miftakhul Nikmah (Inovasi IT).

Bapak Mohammad Imam Farisi, selaku Direktur UT-Jember mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh peserta atas partisipasinya dan para jawara yang akan mewakili UT-Jember untuk berlaga di tingkat UT-Pusat. Beliau juga berpesan untuk selalu menjaga sportivitas dan profesionalisme. “Selamat bertanding, jaga nama baik UT-Jember dan rasa persaudaraan. Semoga kita bisa membawa kemenangan dan prestasi.” Pesan Direktur UT-Jember dengan penuh semangat.

Reporter :

Fotografer :

Editor :