Upacara Bendera Mengenakan Sarung

NASIONALISME SANTRI: Santri PP Mabdaul Maarif, Jombang saat mengikuti upacara bendera dengan bersarung di halaman pondok.

RADARJEMBER.ID – Kalangan santri punya cara yang khas dalam memperingati detik-detik kemerdekaan Indonesia. Sarung yang menjadi ciri khasnya, tetap digunakan dalam upacara bendera, sesuai dengan aturan protokoler yang ada. Seperti yang dilakukan oleh santri di Pondok Pesantren Mabdaul Maarif, Desa Jombang, Kecamatan Jombang.

IKLAN

“Ini sesuai dengan tradisi kita. Sekaligus kita ingin terus pupuk nasionalisme di kalangan santri,” tutur Moh Nahrowi, Waka Kurikulum Madrasah Diniyah Ponpes Mabdaul Maarif. Upacara dilakukan pada Kamis (16/08) malam karena pada pagi harinya, para santri ikut upacara kemerdekaan di kecamatan maupun di Alun-Alun Jember.

Dalam sambutannya, Nahrowi menekankan kepada para santri tentang kontribusi aktif kalangan santri dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. “Para kiai dan santri saat itu bertempur dengan segala keterbatasan. Keberaniannya tidak lepas karena adanya semangat jihad sebagaimana yang dicetuskan dalam Resolusi Jihad,” tutur alumnus Pascasarjana IAIN Jember ini.

Karena itu, Nahrowi berharap kepada seluruh santri di PP Mabdaul Maarif agar bisa meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa dengan mengisi pembangunan. “NKRI harus dipertahankan dengan karya nyata,” tutur Nahrowi.

Upacara tersebut juga ditandai dengan berbagai lomba khas yang memeriahkan acara kemerdekaan. Seperti tarik tambang dengan sarung, sepak bola bersarung dan sebagainya.(*)

Reporter           : Adi Faizin

Fotografer        : santri Ponpes Mabdaul Maarif, Jombang

Editor: Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :