Flashmob Sambut Mahasiswa Baru IAIN Jember, Kolaborasi Kampus-BEM

MEMUKAU: Atraksi flash mob bertema kemerdekaan yang digelar dalam orientasi mahasiswa baru IAIN Jember

RADARJEMBER.ID – Kemerdekaan dan nasionalisme menjadi salah satu pesan yang terkandung dalam orientasi bagi mahasiswa baru IAIN Jember. Mulai tahun ini, orientasi tersebut berformat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang diikuti sebanyak 3.523 mahasiswa baru IAIN Jember.

IKLAN

“Momentum ini mari kita jadikan sebagai pesan reflektif untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia. Masing-masing kita adalah bagian dari kekuatan anak bangsa,” tutur Prof Babun Suharto, Rektor IAIN Jember saat membuka acara PBAK.
Sebelumnya, penyambutan mahasiswa baru di IAIN Jember dilakukan dengan dua prosesi.

Pertama Orientasi Pengenalan Kampus (Opak) selama 3 hari yang dilakukan oleh BEM. Lalu dilanjutkan dengan Orientasi Akademik (Ordik) oleh dosen dan karyawan. “Sesuai arahan dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, mulai tahun ini disatukan. Jadi panitianya gabungan antara unsur pimpinan kampus, dosen, karyawan dan mahasiswa,” tutur Hefni Zain, Ketua Panitia PBAK IAIN Jember.

Dakan kegiatan PBAK ini, lanjut Hefni, mahasiswa baru IAIN Jember akan mendapatkan beberapa materi, diantaranya nilai-nilai akademik institut, nilai-nilai akademik fakultas, pengenalan lembaga kemahasiswaan dan pengembangan kepribadian. ”Agar mahasiswa baru bisa menyesuaikan dengan kultur di kampus islam seperti IAIN Jember ini,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH) IAIN Jember ini.

Presiden BEM IAIN Jember, Moh Wasik berharap, penyelenggaraan orientasi mahasiswa baru yang bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia, bisa sekaligus memupuk nasionalisme mahasiswa di IAIN Jember. “Kami harap, mahasiswa baru IAIN Jember bisa lebih kritis dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya. Karena itu kita isi orientasi mahasiswa baru dengan materi-materi yang bersifat membangun nasionalisme dengan berbasis Islam Nusantara,” ungkas mahasiswa Fakultas Syariah ini.

Pembukaan PBAK IAIN Jember ditandai dengan pelepasan balon dan burung merpati. Kegiatan ini dihadiri pimpinan IAIN Jember, dekan masing-masing fakultas, dosen dan seluruh karyawan di lingkungan IAIN Jember. Selain itu, orientasi juga diisi dengan aksi galang dana untuk korban bencana di NTB. (*)

Penulis/fotografer : Adi Faidzin

Editor: Winardi Nawa Putra

Reporter : Adi Faizin
Fotografer : Humas IAIN Jember

Reporter :

Fotografer :

Editor :