Mengenal Dekat Prof Hary, Hakim MA yang Juga Guru Besar Bidang Hukum dan Perpajakan FH Unej

Padukan Prinsip Ilmu, Seni, dan Iman

Ramah, murah senyum, dan mudah akrab menjadi karakter yang tidak lepas dari pria yang memiliki nama lengkap Prof Dr HM Hary Djatmiko SH MS. Pria kelahiran Malang itu sempat mengungkapkan bahwa apa yang sudah dicapainya tidak harus dianggap menjadi tujuan akhir. Tapi tak kalah penting, bagaimana bisa bermanfaat lebih luas. 

INSPIRATIF : Prof Dr HM Hary Djatmiko SH MS, Guru Besar Bidang Hukum Perpajakan Fakultas Hukum Universitas Jember.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – “Saya berpandangan, dengan ilmu hidup jadi mudah. Dengan seni hidup jadi indah, dan dengan agama hidup jadi terarah,” tuturnya dibalut senyum. Hal itu dianggap sangat berpengaruh terhadap perjalanan kiprahnya. Mulai dari berkarir di dunia perpajakan, menjadi hakim MA, hingga guru besar.

IKLAN

Apalagi, saat membuat putusan di MA, tiga prinsip tersebut sangat menentukan putusan hukum yang ia buat. Sebab, saat memutuskan perkara, ia harus memiliki petunjuk yang kuat. Agar menghasilkan putusan adil dan manusiawi. “Salat malam jadi salah satu petunjuk saya dalam menentukan putusan hukum itu,” ungkapnya.

Baginya, berkiprah di mana pun, harus berdasar pada prinsip hidup yang jelas dan berorientasi membawa kebermanfaatan. Bahkan, saat berbicara soal kedudukannya, ia menilai hal itu lebih dari sekadar menjalankan amanah. “Kita sebisa mungkin berjalan lurus, sekalipun mengancam nyawa saya untuk membela kepentingan orang banyak. Karena itulah konsekuensi sebuah amanah,” tegasnya.

BERSINERGI : (Dari kiri) Dekan Fakultas Hukum (FH) Unej Mochammad Ali bersama Prof HM Hary Djatmiko serta dosen senior FH Unej Totok Sudaryanto.

Reporter : Maulana

Fotografer : Dwi Siswanto, Humas Unej for Radarjember.id

Editor : Hadi Sumarsono