SMA Negeri 1 Tapen Membumikan Selawat

Gugah Eko Saputro/Radar Ijen RANCAK: Hadrah dari SMA Negeri 1 Tapen  tampil memukau di hadapan Dandim 0822 Letkol Tarmuji dan masyarakat Bondowoso.

RADARJEMBER.ID- Lomba hadrah yang diselenggarakan Kodim 0822 Bondowoso dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 berlangsung meriah di Alun-Alun RBA Kironggo Bondowoso, Selasa malam kemarin (14/8). Acara yang dibuka oleh Dandim 0822 Letkol Tarmuji SAg itu diikuti 50 grup hadrah dari kalangan pelajar dan umum.

IKLAN

Dalam kesempatan itu, Tarmuji mengundang grup hadrah dari Bondowoso. ”Untuk meramaikan kegiatan Agustusan, saya sengaja menggelar lomba hadrah. Alhamdulillah, antusiasme warga dan peserta sangat besar,” katanya kepada radarjember.id.

Dari pengamatan Jawa Pos Radar Ijen di lokasi panggung hadrah,  para penonton memberikan tepuk tangan  yang meriah. Terutama saat  grup hadrah An Nur SMAN 1 Tapen tampil. Grup hadrah dari SMA Negeri 1 Tapen ini membawakan dua lagu, yakni  shalawat Ahmad Ya Habibi dan  NKRI Harga Mati. Mereka tampil memukau. Itu tidak lepas dari komitmen sekolah yang menjadikan selawat sebagai bagian tidak terpisahkan dari proses pendidikan di SMAN 1 Tapen.

Lantunan selawat memang dijadikan kebutuhan bagi keluarga besar SMAN 1 Tapen. Sebab,   sekolah yang beralamat di Jalan  Raya Cindogo 2 Tapen tersebut memberikan ruang yang sangat luas bagi pembiasaan pembacaan selawat. Sebagai langkah nyata, sejak 4 tahun yang lalu sekolah yang dinakhodai  Basri SPd MPd. resmi mendirikan ekstrakurikuler seni islami hadrah.

Berdirinya grup Hadrah An Nur di SMAN 1 Tapen, sebagai pengejawantahan visi dan misi sekolah yakni, unggul dalam bidang akademik dan non akademik berlandaskan iman dan taqwa serta berwawasan lingkungan.

“Kita sadar bahwa mencetak generasi unggul itu bukan hanya memperhatikan aspek intelektualnya saja. Tetapi juga harus dipadukan dengan aspek spiritualnya dan hadrah salah satunya,” kata Waka Humas Moesita Sofeana SPd mewakili Kasek SMAN 1 Tapen Basri SPd MPd.

Dia mengatakan. Selain menjadi kegiatan rutin di sekolah, grup hadrah An Nur SMAN 1 Tapen sering mengisi acara kegiatan keagamaan. Tidak heran saat  tampil dalam lomba yang diselenggarakan Kodim 0822 Bondowoso,  penonton yang memadati sisi barat Alun-Alun Bondowoso memberikan standing applause pada aksi group hadrah AnNur

Reporter & Fotografer : Eko Saputro
Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :